FKMSB Yogya Gelar Pelatihan Jurnalistik

0
552
Foto: istimewa

Forum Komunikasi Mahasiswa Santri Banyuanyar (FKMSB), Madura, wilayah Yogyakarta menggelar Pelatihan Jurnalistik dengan tema “Aktif dan Kreatif”. Acara tersebut berlangsung di Basecamp FKMSB Sorowajan, Minggu. (23/09)

Acara tersebut merupakan Program Kerja pengurus Divisi Pengembangan Sumber Daya Anggota, yang dilaksanakan sebulan sekali, dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan kepenulisan bagi anggota. Menurut Rudi Santoso, kader FKMSB Yogyakarta yang menjadi moderator pada acara tersebut, dengan diadakannya acara tersebut, bisa meningkatkan semangat menulis bagi anggota FKMSB.

Krisno Wibowo, M.Si. selaku pemateri dalam diskusi tersebut menyampaikan, berkembangnya semangat anak muda dalam menulis, memberikan semangat juga baginya untuk terus memberikan fasilitas menulis, khususnya di media yang dia kelola, yaitu media online suarakampus.com.

“Silahkan datang ke kantor saya bagi teman-teman yang benar-benar ingin belajar menulis, mari belajar bersama, bahkan saya siap ketika tema-teman ingin minta surat tugas dalam peliputan,” imbuhnya di akhir acara pelatihan.

Acara pelatihan jurnalistik diikuti oleh pengurus dan anggota baru FKMSB, kurang lebih 30 peserta yang terlibat di dalamnya, dan juga ikut tergabung salah satu mahasiswa dari kampus UII.

Beberapa peserta aktif menanyakan sekitar teknis penulisan berita, dari soal pilihan membuat judul, bagaimana membuat berita yang dapat menjadi trending topic, sampai bagaimana memahami kriteria layak berita yang mengacu pada apa yang menarik dan yang penting.
Diskusi pada forum tersebut tidak hanya menyangkut teknis penulisan berita dan opini, tetapi ada pula pertanyaan sekitar penulisan puisi dan kapasitas kepenyairan, yang mampu membuat bergetar para pendengarnya.

Oleh: Hasibuddin, mahasiswa, kader FKMSB

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here