UGM Raih Juara Umum Pimnas 2018

0
385
Sumber foto: Humas UGM

Universitas Gadjah Mada (UGM) meraih gelar juara umum pada Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-31 di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). UGM meraih emas paling banyak yakni 10 emas, 3 perak dan 5 perunggu. Masing-masih diperoleh dari dua kategori yakni poster dan presentasi.

Dengan perolehan ini, UGM berhak membawa pulang piala bergilir Adhikarta Kertawidya.Pimnas 2018. Tak hanya itu, gelar juara umum UGM ini juga menghentikan dominasi Universitas Brawijaya (UB) yang berturut-turut meraih gelar juara umum Pimnas. Tahun ini UB harus rela menduduki posisi kedua dan disusul Universitas Diponegoro pada posisi ketiga.

Gelar kali ini juga menggenapi keenam kalinya UGM menjadi juara umum PIMNAS. Setelah sebelumnya meraih juara pada tahun 2006, 2007, 2010, 2011, dan 2014. Dengan gelar ini, UGM menyamai rekor UB dengan sama-sama memperoleh predikat juara umum PIMNAS sebanyak enam kali.

Ainun Na’im, Sekretaris Jenderal Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi berharap Pimnas ke 31 ini dapat melahirkan calon pemimpin masa depan di bidang riset, sains dan teknologi. Ia berharap karya-karya Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang terbaik dan dapat ditindaklanjuti dengan Publikasi Jurnal Ilmiah, Hak Kekayaan atas Intelektual (HAKI), dan Hilirisasi karya inovatif Produk Mahasiswa.

“Semoga Pimnas Ke-31 ini dapat meningkatkan karya ilmiah, inovasi dan kemudian meningkatkan daya saing bangsa,” kata Ainun menutup gelaran Pimnas ke-31.

Sumber foto: Humas UGM

Menurut Ainun, dalam Pimnas ini, ia banyak dapatkan informasi banyak gagasan atau karya mahasiswa yang luar biasa. Ia berharap gagasan-gagasan tersebut tidak hanya berhenti pada karya ilmiah, namun dapat dilanjutkan ke tahap hilirisasi sehingga dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat lebih luas.

Pada tahun 2018, Pimnas ke-31 dengan Jumlah Peserta 440 Tim dengan 136 Perguruan Tinggi merupakan jumlah yang paling besar dibanding Pimnas sebelumnya. Sebanyak 1.523 mahasiswa dari 136 perguruan tinggi bertanding pada 7 bidang yakni Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM), yaitu PKM-Penelitian (PKM-P), PKM-Kewirausahaan (PKM-K), PKM-Pengabdian kepada Masyarakat (PKM-M), PKM-Penerapan Teknologi (PKM-T), PKM-Karsa Cipta (PKM-KC), dan PKM-Gagasan Tertulis (PKM-GT). (Awib)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here