Grup Kagama Virtual Tidak Ingin Hanya Berisik di Dumay

1
818
Foto: Istimewa

Grup Kagama Virtual yang merupakan sebuah kanal komunikasi alumni Universitas Gadjah Mada di facebook ini menggelar pertemuan atau dikenal dengan istilah kopdar (kopi darat) sekaligus syawalan di Graha Sabha Pramana UGM, Yogyakarta, Selasa (19/6).

Meski eksis di dunia online, grup yang diklaim memiliki 25.000 anggota ini ternyata sudah delapan kali mengadakan acara yang sama, “Dan baru yang kedelapan ini bisa diadakan di kampus sendiri di UGM, Yogyakarta,” tutur Raharja Sulastama dalam sambutanya selaku koordinator acara.

Selain itu, kagama virtual juga sudah memiliki komunitas di hampir seluruh propinsi. Komunitas tersebut atau diistilahkan kagama virtual wilayah kerap mengadakan kopdar di wilayahnya masing-masing. “Belum lagi dengan komunitas kerjanya. Kami juga sering mengadakan kopdar dengan melakukan beberapa program kegiatan,” ujar Destina yang juga merupakan salah seorang aktivis grup.

Menariknya, grup ini tidak hanya eksis di online, tidak hanya posting atau nge-thread di wall, tapi juga mencoba bermanfaat dengan berkumpulnya anggota dalam satu kepedulian dan kompetensi. Perkumpulan itu menjadi sebuah komunitas tersendiri di dalam grup kagama virtual.

Di antara komunitas tersebut ada kagama beasiswa, running, orchid, diving, writing dan lain-lain. Dian Nirmalasari seorang anggota dan inisiator kagama virtual writing menyampaikan, “Ini sebagai bukti bahwa kami tidak ingin dicap hanya bisa berisik di dunia maya, tapi juga berkarya nyata untuk nusa dan bangsa,” ungkap alumni kedokteran gigi tersebut.

Foto: Istimewa

Dalam pertemuan halal bi halal di UGM juga diterangkan bahwa concern utama kagama virtual adalah memberi beasiswa pendidikan terutama kepada keluarga tidak mampu, “Selama ini dari hasil santunan rekan-rekan, sudah mencapai 1 Milyar kita donasikan untuk beasiswa pendidikan,” tambah Sulastama.

Setiap event yang diselenggarakan dan seluruh pendapatannya akan didonasikan untuk beasiswa. Program sosial kemanusiaan pun kerap dilakukan oleh alumnus dari lintas fakultas lintas angkatan tersebut. “Kita memang bukan siapa-siapa dan tidak berarti apa-apa, tapi kita bisa berbuat sesuatu yang bermanfaat buat masyarakat dan orang banyak,” pungkas Sulastama.

Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Alumni UGM, Dr Paripurna SH MHum LLM dalam sambutannya juga menyambut baik setiap kiprah yang dilakukan kagama virtual serta berjanji untuk selalu membuka pintu lebar-lebar bagi kerjasama-kerjasama ke depannya. (Awib)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here