Bijak dalam Memilih Acara Televisi

0
834
Sumber foto: clicktechtips.com

Telah kita pahami bersama bahwa keluarga mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap keberhasilan putra-putri untuk mewujudkan anak berkarakter Pancasilais. Artinya, peran orang tua dan keluarga sangat menentukan perkembangan perilaku dan kepribadian seorang anak hingga tercapainya generasi yang berakhlak mulia.

Namun demikian, tugas berat ke depan para orang tua adalah bagaimana bisa menghadapi derasnya perkembangan teknologi informasi termasuk siaran televisi. Pasalnya, hingga saat ini masih banyak ditemui siaran televisi yang tidak mendidik serta jauh melenceng dari pembentukan karakter bangsa.

Kekhawatiran tersebut patut direspon segera, apalagi di tengah banyaknyakonten siaran televisi yang terkadang menyiarkan tayangan berbau negatif. Seperti, siaran langsung aktivitas soal gosip selebritas hinggakekerasan. Berangkat dari keprihatinan itulah, peran para orang tua sangat diperlukan untuk bisa menjadi pengawas ketika para anak asuhnya menonton siaran di beberapa stasiun televisi. Perlu adanya pendampingan bagi anak-anak ketika menonton acara televisi.

Persoalan mengenai dampak buruk yang ditimbulkan karena program acara televisi tersebut tentu jangan dibiarkan berlarut-larut. Jika kondisi ini tetap dibiarkan, tentulah sangat memprihatinkan, apalagi media televisi memegang andil yang cukup besar untuk menyampaikan informasi secara aktual dan cepat kepada masyarakat luas. Artinya bila acara-acara tersebut tetap tayang tanpa sensor dari pihak berwenang, dampaknya dikhawatirkan dapat mencederai pembentukan karakter bangsa terutama pada generasi bangsa.

Kitatentu sadar bahwa fungsi televisi diantaranya memberi informasi, melakukan pengawasan, mendidik, dan menghibur. Hal itu didasari karena media televisi juga memiliki kode etik jurnalistik televisi. Bahkan semua media massa harus mengacu pada kode etik jurnalistik sebagai pedoman dalam menyajikan berbagai acara kepada publik. Dalam kode etik jurnalistik televisi tersebut juga disebutkan bahwa materi siaran televisi harus dapat menegakkan integritas bangsa.

Itu artinya, sudah selayaknya media televisi dapat turut serta menegakkan identitas bangsa dengan tayangan yang edukatif. Apalagi, antara media massa dan formasi karakter bangsa saling memiliki ketertarikan. Oleh sebab itu, kita berharapbersama para orang tua, untuk dapat mendampingi anak-anaknya mana kala menonton acara televisi. Tujuannya ialah tak lain dan tak bukan agar dapat menjadi filter serta memilih mana tayangan yang mendidik dan mana yang tidak mendidik. Harapannya dengan langkah tersebut, media televisi tetap dapat menjadi salah satu pilar membangun karakter bangsa secara lebih baik, menuju Indonesia yang beradab dan Pancasilais.

Naimatus Tsaniyah
Mahasiswi Universitas Nahdlatul Ulama Yogyakarta

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here