Komitmen Mahasiswa Geografi UGM Jaga Lingkungan Lebih Baik

0
462
Foto: Istimewa

Fakultas Geografi UGM tahun ini memperingati Dies Natalis ke-55 dan Lustrum ke-11. Sebagai wujud komitmen dan semangat Fakultas Geografi dalam berkontribusi untuk kepentingan lingkungan dan masyarakat luas, Dies Natalis tahun ini mengambil tema “Geografi untuk Lingkungan yang Lebih Baik”

“Ini adalah peluang bagi sivitas akademika Fakultas Geografi untuk menjawab tantangan lingkungan hidup yang sedang berkembang, untuk menciptakan kondisi lingkungan hidup yang lebih baik dalam waktu ke depan,” ujar Dr Dyah Widyastuti ST MCP yang bertindak sebagai ketua pelaksana Dies Natalis ke-55 pada upacara pembukaan Dies Natalis pada Jumat (4/5).

Rangkaian Dies Natalis Fakultas Geografi diawali dengan kegiatan senam bersama yang melibatkan ratusan sivitas akademika tidak hanya dari Fakultas Geografi, tapi juga dari fakultas dan unit kerja lain di lingkungan UGM. Kegiatan yang menuai respons positif dari para peserta ini, tutur Dyah, menjadi awal yang baik bagi penyelenggaraan Dies yang akan berlangsung hingga beberapa bulan mendatang.

“Semoga acara kami bisa terselenggara dengan baik. Kita sudah mengawali dengan baik, harapannya bisa berjalan lancar sampai acara puncak yaitu rapat senat,” imbuhnya.

Dekan Fakultas Geografi, Prof Dr Muh. Aris Marfa’i MSc, membuka rangkaian acara Dies Natalis secara resmi dengan melakukan pelepasan 11 pasang burung merpati ke alam bebas. Dalam pelepasan burung ini ia didampingi dengan sejumlah pimpinan fakultas serta perwakilan dari mitra fakultas.

Aris menuturkan, dalam perayaan Dies Natalis setiap tahunnya, Fakultas Geografi berupaya menghadirkan sesuatu yang baru, baik dalam tema yang dipilih maupun jenis kegiatan yang diselenggarakan. Dari segi jumlah, ia menyebutkan bahwa tahun ini rangkaian perayaan Dies Natalis diisi dengan lebih banyak kegiatan dibanding tahun sebelumnya.

“Dies tahun ini tentu berbeda dengan rangkaian kegiatan Dies di tahun sebelumnya. Tahun ini kegiatan yang kita selenggarakan memang lebih banyak, dimulai hari ini hingga bulan September mendatang,” jelasnya.

Jenis kegiatan yang akan diselenggarakan sebagai bagian dari Dies Natalis tahun ini di antaranya berupa kegiatan-kegiatan ilmiah, seperti seminar, konferensi internasional, dan lainnya, serta kegiatan-kegiatan sosial yang diikuti keluarga besar Fakultas Geografi. Tidak hanya melibatkan dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa aktif, para alumni juga menjadi elemen yang tidak terpisahkan dari perayaan Dies Natalis dari tahun ke tahun.

“Selamat untuk Fakultas Geografi yang merayakan Dies Natalis ke-55 dan sudah mengundang kita untuk hadir dalam acara pembukaan ini. Semoga ke depan Fakultas Geografi bisa semakin berjaya,” ucap Tri Mastoyo selaku perwakilan dari Korps Pegawai Universitas Gadjah Mada (KORPAGAMA).

(Humas UGM/Gloria)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here