Rayakan HUT ke 4, SPAK Launching Website

0
393
Foto: Istimewa

Bertepatan dengan peringatan Hari Kartini, “Saya Perempuan Anti Korupsi” (SPAK) Indonesia rayakan ulang tahun yang ke-4 di halaman Monumen Serangan 1 Maret, kawasan Titik Nol Kilometer Yogyakarta, Sabtu (21/04).

Turut hadir Pimpinan KPK Basaria Panjaitan, Menteri Sosial Idrus Marham, Team Leader Australia Partnership for Justice (AIPJ) Craig Ewers, Hananto Hadi Purnomo yang mewakili Gubernur DIY, Kapolda DIY Brigjen Pol Drs Ahmad Dofiri beserta jajarannya.

Dalam kesempatan itu, SPAK sebagai mitra KPK yang pada 8 Desember 2017 lalu meraih penghargaan International Anti-Corruption Excellence Award’(IACEA) kategori  Anti-Corruption Youth Creativity and Engagement Award dari Sheikh Tamim Bin Hamad Al Thani, Emir Qatar ini juga me-launching website www.spakindonesia.org dan permainan anti korupsi untuk para penyandang disabilitas (majo dan semai).

Pimpinan KPK Basaria Panjaitan berharap peluncuran website ini akan menyentuh perempuan-perempuan di berbagai pelosok, termasuk yang belum menjadi agen SPAK. “Semoga akan mempermudah mereka dalam memperoleh informasi terkait bagaimana langkah-langkah yang harus dilakukan untuk turut andil dalam tindakan pemberantasan korupsi,” ucap Basariah.

Pun dengan permainan untuk penyandang disabilitas diharapkan dapat menjadi langkah pemerataan bahwa semua lapisan dapat berkontribusi dalam upaya pemberantasan korupsi, meski dengan keterbatasan sekalipun.

SPAK yang didirikan pada 22 April 2014 ini dikembangkan dari pemahaman bahwa pemberantasan korupsi harus dilakukan bersamaan antara pencegahan dan penindakan. KPK yang konsen pada tindakan represif (menekan, menindak) membutuhkan SPAK untuk mengurusi hal yang bersifat preventif (pencegahan, pembinaan).

Perempuan sebagai istri dan ibu nantinya masih dianggap sebagai tokoh dalam keluarga yang berperan besar dalam perkembangan sekaligus pengawasan terhadap anak dan suami.

Foto: Istimewa

Dengan adanya SPAK, diharapkan dapat mewujudkan perempuan-perempuan yang mampu mewujudkan Indonesia anti korupsi dimulai dari lingkup keluarga. Hal tersebut juga diamini oleh Idrus, “Perempuan itu adalah sutradara di dalam rumah,” ujar Idrus.

Mewakili kebanggaannya terhadap langkah yang telah ditempuh SPAK, Idrus menyampaikan sebagai upaya pemberantasan korupsi Kementerian Sosial Republik Indonesia akan siap bermitra dengan SPAK jika dibutuhkan.

Acara yang diikuti oleh ratusan peserta yang terdiri dari agen SPAK dari berbagai kalangan, masyarakat penyandang disabilitas, pelajar dan mahasiswa Yogyakarta ini juga dimeriahkan dengan penampilan band Polda DIY dan ditutup dengan simulasi permainan SPAK oleh seluruh peserta.

Nining Kinasih

Mhs KPI, Fakultas Dakwah dan Komunikasi
UIN Sunan Kalijaga

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here