Ke Nagoya Dituntut Kemampuan Komunikasi dan Keilmuan

0
408
Sumber foto: humas UGM

Empat mahasiswa UGM memperoleh beasiswa untuk mengikuti International Summer Course (ISC) on Advanced Marine Biology . Keempat mahasiswa tersebut, yaitu Basith Kuncoro Adji (S1 Biologi), Anggun Cinditya Putri (S1 Biologi), Putri Eky Pratiwi (S1 Manajemen Sumberdaya Perikanan), dan Surono Dwi Saputra (S2 Bioteknologi).

Mereka akan mengikuti International Summer Course (ISC) selama 5 hari, 13-17 Juli 2018 di Sugashima Marine Biological Laboratory (SMBL), Graduate School of Science, Nagoya University, Jepang. Beasiswa ini diberikan oleh Nagoya University sebagai bentuk kerja sama dengan Fakultas Biologi UGM dan telah berlangsung selama 4 tahun.

“Pada tahun ini, 43 mahasiswa dari 5 fakultas dan Sekolah Pascasarjana mendaftarkan diri untuk berkompetisi meraih beasiswa ISC on Advanced Marine Biology. Setelah melalui proses seleksi yang cukup ketat maka terpilih empat mahasiswa,” ujar Dr. Eko Agus Suyono, M.Agr.Sc, Wakil Dekan Bidang Penelitian, Pengabdian Masyarakat dan Kerja Sama Fakultas Biologi UGM, Senin (9/4).

Eko Agus Suyono menuturkan disamping melengkapi berbagai dokumen untuk ke luar negeri dan menuliskan esai berupa motivation letter untuk mengikuti ISC, sebanyak 12 dari 43 peserta seleksi beasiswa diwajibkan mengikuti proses wawancara di hadapan tim pewawancara yang terdiri dari Dr Eko Agus Suyono, MAgrSc, Dr Endang Semiarti, MS MSc dan Dr Andhika Puspito Nugroho, MSi dari Fakultas Biologi UGM. Dengan demikian, 12 dari 43 peserta ini dituntut memiliki kemampuan komunikasi dan dasar keilmuan biologi kelautan yang mumpuni.

“Mereka juga diwawancarai soal kemampuan dalam membawakan kebudayaan Indonesia. Meskipun banyak kandidat yang potensial, namun pada tahun ini dari pihak Nagoya University hanya memberikan kuota untuk 4 mahasiswa saja,” tutur Eko.

Untuk mempersiapkan keberangkatan delegasi UGM ini, Kantor Urusan Internasional Fakultas Biologi memberikan pembekalan berupa pengarahan dari Wakil Dekan Bidang P2MKSA Fakultas Biologi dan sharing pengalaman dengan alumni program Beasiswa ISC on Advanced Marine Biology. Pada kesempatan tersebut, alumni menyampaikan mengenai pengalaman mereka dalam mempersiapkan keberangkatan, seperti pembuatan VISA, materi yang perlu dipelajari, serta pengalaman mereka selama mengikuti program di Sugashima Marine Laboratory, Jepang.

Selama 3 tahun terakhir ini, pihak Nagoya University selalu memberikan apresiasi delegasi dari UGM karena dedikasi dan passion-nya dalam mengikuti program tersebut. Bahkan, atas prestasi-prestasi yang diperlihatkan, Professor Hitoshi Sawada selaku penyelenggara telah menjanjikan beasiswa bagi mahasiswa UGM untuk mengikuti program tahunan ini hingga tahun 2020.

Eko Agus Suyono menambahkan dalam kegiatan kuliah musim panas ini, mahasiswa akan belajar dari pakar-pakar di bidang biologi laut dan biologi molekuler. Mereka juga akan melakukan eksplorasi biodiversitas di pulau untuk mempelajari dasar taksonomi.

“Bagaimana memproses sampel hingga mendapatkan filogeni molekuler, serta analisis lain seperti western blotting, immunostaining, dan biologi molekuler lanjut seperti aplikasi genom editing menggunakan teknologi TALEN/ Crispr-Cas9,” jelasnya.

Di bawah arahan Professor Hitoshi Sawada, Sugashima Marine Laboratory memiliki konsentrasi studi dalam biologi perkembangan dengan menggunakan model hewan, seperti Ascidian (Seq Squirt) dan Echinodermata (Bulu Babi). Selain belajar teknik-teknik penelitian terbaru, mahasiswa UGM dalam kesempatan ini nantinya akan berbagi pengalaman dan budaya dengan peserta dari negara lain, seperti Amerika Serikat, Jepang, Korea, dan Inggris Raya.

(Sumber: Humas UGM/Agung)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here