FEB UNDIP Siapkan Lab Bloomberg Pertama di Indonesia

0
673
sumber foto: alamy.com

Bekerjasama dengan Bloomberg LP, New York, USA,  Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Diponegoro tengah menyiapkan Laboratorium Bloomberg pertama di Indonesia. Pembangunan laboratorium ini senada dengan misi Undip untuk menjadi universitas terkemuka di dunia. Selain untuk menyokong belajar mengajar, laboratorium ini bisa difungsikan sebagai pusat penelitian.

Hal ini dperkuat dengan pernyataan Wakil Dekan Bidang Riset dan Inovasi  yaitu Firmansyah, PhD.  Menurutnya, fasilitas ini bisa jadi ujung tombak masuknya FEB Undip dalam kancah internasional. Para mahasiswa dan dosen Undip bisa menggunakan fasilitas ini untuk meningkatkan kompetensi dan daya saing di tingkat internasional.

“Dengan hadirnya Laboratorium Bloomberg, berbagai kemudahan bisa diakses oleh seluruh civitas akademika Undip. Mereka akan diberi kemudahan untuk mengakses secara realtime  data-data keuangan,” ungkap Firman seperti dkutip dari laman undip.ac.id (4/4).

Seperti halnya, kemudahan mengakses data time series pasar modal, pasar uang, dan data keuangan lainnya. Bisa juga mengakses data ekonomi (makro ekonomi), database IPO, global market, dan simulasi pasar, tambah Firman.

Menurut Firman, Undip juga berencana untuk menyiapkan kurikulum dan pelatihan. Pelatihan ini akan meliputi pelatihan soft skill yang bisa diikuti oleh mahasiswa FEB Undip dan nantinya bisa mendapatkan sertifikasi.

Jika rencana ini berjalan dengan lancar, mahasiswa Undip akan tumbuh menjadi mahasiswa dengan kelas internasional. Dan bukannya tidak mungkin, jika Undip akan berkembang menjadi universitas terkemuka di dunia, khususnya dalam bidang ekonomi dan bisnis.

Rencananya, Laboratorium Bloomberg di FEB Undip ini akan memiliki 3 terminal. Satu terminal telah dibangun dan disusul dengan pembangunan 2 terminal lainnya. Kedua terminal ini akan dibangun sampai masa  launching  Laboratorium Bloomberg yaitu satu atau dua bulan ke depan.

“Kita tunggu saja launching dari Laboratorium Bloomberg pertama di Indonesia ini. Besar harapan bangsa dengan keberadaan Laboratorium Bloomberg di Undip ini,” pungkasnya. (Awib)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here