Hilmar Farid: Kita Punya Tangki Pemikiran Islam Yang Besar

0
854
Sumber foto: kompasiana.com

Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) Hilmar Farid mengatakan Indonesia memiliki peluang memasarkan buku-buku mengenai pemikiran Islam di pasar internasional melalui sejumlah pameran buku dunia.

“Selama ini, orang kalau melihat Islam itu monolitik hanya dari apa yang ditangkap dari media dan dianggap sebagai representasi dari Islam. Padahal Islam sendiri, terutama di Indonesia kaya sekali baik dari segi pemikiran, praktik, maupun budaya,” kata Hilmar di Jakarta, Rabu (4/4).

Dia menjelaskan, buku-buku mengenai Islam tersebut sangat banyak di Tanah Air terutama di kalangan pesantren maupun yang diterbitkan di Universitas Islam Negeri (UIN), “Tapi sayangnya belum kedengaran untuk tingkat global,” tambah dia.

Menurutnya, hal itu yang menjadi fokus utama dalam mengikuti pameran buku di tingkat internasional. Bagaimana menjawab berbagai pertanyaan mengenai Islam dalam politik global yang terjawab melalui buku-buku yang dipamerkan tersebut.

“Kita punya tangki pemikiran (Islam) yang besar. Melalui pameran buku ini, bisa menjadi wujud diplomasi budaya yang dibagikan ke dunia,” katanya.

Meskipun demikian, Hilmar mengakui ada beberapa kelemahan dunia penerbitan di Tanah Air seperti tidak tahu seperti apa buku-buku yang diminati oleh pihak luar. Kemudian untuk penerjemahan juga tidak berdasarkan data.

“Kami sudah punya pengalaman empat tahun ikut serta pameran buku tingkat internasional. Saya harap kita punya petanya seperti apa buku yang diminati dan sisi ketersediaannya juga seperti apa. Ini yang perlu kita duduk bersama-sama karena pameran buku tingkat internasional ini merupakan pasar yang besar sekali,” kata Hilmar. (Awib)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here