Mahasiswa Unpad Menjadi Delegasi ICOAS 2018 di Madrid

0
320
Sumber foto: Wikimedia.org

Ingin mengunjungi negara eksotik seperti Spanyol, atau negara belahan dunia lain? Sepertinya enak ya. Tapi tunggu dulu, tidak semudah itu. Kamu harus aktif dan berprestasi terlebih dahulu di kampus.

Seperti kedua mahasiswa Universitas Padjajaran (Unpad) yang diberi kesempatan mengikuti Internasional Conference on ASEAN Studies (ICOAS) 2018 di Universidad Autonoma de Madrid, Spanyol baru-baru ini.

Mereka adalah Faris Mujahid mahasiswa Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, dan Afif Khorul Anwar dari Manajemen Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi.

Ajang ICOAS diikuti berbagai pakar dan ahli yang berasal dari seluruh dunia, mulai dari Asia Tenggara hingga Eropa. Para pakar tersebut mencoba menelaah apa saja persoalan yang sedang dan akan dihadapi ASEAN serta membahas Uni Eropa yang telah menjadi entitas studi komparasi.

Mereka memberi kritik dan saran juga pendapat terhadap perkembangan Asia Tenggara dan bagaimana perbandingan dengan Uni Eropa saat ini. Mereka juga menjelaskan permasalahan-permasalahan tersebut dari masing-masing perspektif disiplin ilmu.

“Ini pengalaman yang sungguh luar biasa. Kami bertemu para pakar studi kawasan Asia Tenggara dan Uni Eropa. Selain itu kami juga membangun jejaring dengan para peserta yang berasal dari berbagai kampus ternama di dunia. Kegiatan tersebut sangat baik bagi perkembangan studi kawasan Asia Tenggara,” ujar Faris seperti dilansir dari laman Unpad, Selasa (27/3).

Foto: Istimewa

“Konferensi tersebut menjadi ajang diskusi yang berguna secara akademik dan nonakademik serta bisa mengeratkan hubungan internasional antar negara di Asia Tenggara dan Uni Eropa,” tambah Afif bangga.

Menurut Prof Raymond dari Universidad Autonoma de Madrid, salah satu isu yang masih menjadi permasalahan terbesar di ASEAN dan Uni Eropa adalah isu keberadaan pengungsi. Faris dan Afif sendiri aktif terlibat dalam Focus Group Discussion (FGD) tersebut.

Nah, bagi kamu yang memang sudah aktif di kampus, ayo ditingkatkan lagi prestasinya hingga tingkat regional dan nasional. Sedangkan kamu yang belum aktif bahkan suka mager, mulailah untuk merubah sikap. (Awib)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here