Re-Kreasi Bareng AdUIN 2018

0
521
Foto: Istimewa

Program studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, kembali mengadakan Creative Advertising Festival atau yang biasa dikenal dengan sebutan AdUIN. Advertising UIN Sunan Kalijaga (AdUIN) merupakan acara rutin yang diadakan oleh Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, berupa advertising festival.

Acara ini melibatkan seluruh mahasiswa S1 khususnya peminatan advertising dalam skala nasional. Rangkaian acara AdUIN akan berlangsung selama dua hari terhitung dari tanggal 24 April – 25 April 2018, bertempat di Convention Hall UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Rangkaian kegiatan AdUIN meliputi kompetisi bidang advertising, seminar, pameran seni, dan awarding night.

Tahun 2018 ini, AdUIN mengusung tema “Re-Kreasi”. “Re-Kreasi” sendiri memiliki dua makna. Pertama adalah makna kreasi itu sendiri yang berarti hiburan, dan yang kedua dari kata re-kreasi yang berarti kembali berkreasi. Pengambilan tema ini berangkat dari kegelisahan atau permasalahan produktivitas masyarakat di Indonesia yang masih rendah.

“AdUIN kali ini mengajak teman-teman mahasiswa untuk keluar dari zona nyaman mereka agar tidak terpaku dengan apa yang sudah ada, mereka tetap dapat kembali berkreasi”. Ujar Krisna, panitia AdUIN 2018. Karena itu, AdUIN 2018 hadir untuk menyampaikan maksud atau pesan tersebut kepada masyarakat khususnya Indonesia.

AdUIN 2018 memiliki 4 (empat) mata acara, yaitu kompetisi iklan (Print Ad, TVC, Digital Activation), pameran karya, seminar, dan awarding night. Untuk kompetisi iklan sendiri berlangsung pada tanggal 1 Maret – 9 April 2018. Disini peserta melakukan pendaftaran pada 01 Maret – 09 April 2018, penjurian pada 15 April 2018, kemudian pengumuman pemenang pada 17 April 2018. Pameran karya berlangsung pada 24 April – 25 April 2018. Kemudian seminar berlangsung pada 24 April 2018. Sedangkan awarding night yang merupakan acara puncak dari AdUIN berlangsung pada 25 April 2018 di Convention Hall UIN Sunan Kalijaga.

Seminar yang diadakan oleh AdUIN ini bertema Break The Limits With Creativity yang mana memiliki maksud yaitu lampaui batas dengan kreativitas. Seminar ini menghadirkan 2 (dua) orang narasumber yaitu Erix Soekamti (Founder DOES University) dan Agus Mulyadi (Redaktur Mojok.co). Sedangkan awarding night berisi malam penganugerahan dan pemberian hadiah bagi para pemenang. Awarding night menghadirkan beberapa guest star yaitu Socialist, VOC, Mukti Entutz, dan Kavvah.

AdUIN 2018 juga mengadakan roadshow di beberapa kota besar seperti Yogyakarta, Solo, Semarang, Surabaya, dan Malang. Roadshow terakhir yang dilaksanakan adalah di Kota Malang. Selama roadshow, kegiatan yang dilakukan adalah sosialisasi mengenai apa itu AdUIN, tema yang dibawa, kategori lomba yang dilombakan, seminar, serta malam penganugerahan atau awarding night.

“AdUIN 2018 ini semoga lebih diminati dan dikenal oleh mahasiswa seluruh Indonesia dan pastinya setelah acara ini teman-teman bisa lebih kreatif dan berani berkreasi,” ujar Intan Mulia yang juga panitia AdUIN 2018. Harapan selanjutnya adalah AdUIN mampu menyampaikan pesan kepada masyarakat Indonesia agar tidak terpaku pada zona nyamannya dan dapat berkarya totalitas tanpa batas.

Venty Erla Erwanda
Mhs Fishum UIN Yogyakarta

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here