Buah Kepel Menjadi Alternatif Penghilang Bau Mulut

0
681
Foto: Istimewa

Salah satu masalah dalam pergaulan adalah bau mulut atau halitosis. Bau mulut bisa membuat kepercayaan diri menurun ketika berinteraksi dengan orang lain. Perasaan tidak nyaman ini akan bertambah besar ketika, misalnya, kamu harus berbicara dengan seseorang yang spesial.

Bau mulut biasanya disebabkan kekeringan mulut, berpuasa, atau mengkonsumsi makanan yang memiliki bau khas, seperti petai. Bisa juga dipicu kurang bersihnya mulut akibat tidak rutin menyikat gigi atau teknik menyikat gigi yang keliru.

Ada berbagai cara untuk mengatasi bau mulut selain dengan menyikat gigi. Salah satunya adalah memanfaatkan ekstrak buah kepel (Stelechocarpus burahol). Buah yang belum banyak dibudidayakan ini merupakan tanaman khas di keraton Yogyakarta dan Solo.

Foto: Istimewa

“Buah ini habitatnya di Jawa Tengah, ada juga di Magelang,” kata Asni Amin, doktor dari Fakultas Farmasi Universitas Indonesia.

Dalam disertasinya yang dipresentasikan di sidang promosi doktor, Dr Asni Amin, MFarm, Apt, menjelaskan buah kepel bisa digunakan untuk menghilangkan bau mulut, bau badan, serta menjadi pengharum air seni.

Dari hasil penelitiannya terbukti bahwa ekstrak buah kepel dapat menghambat pertumbuhan dua jenis bakteri penyebab bau mulut, yaitu P. gingivalis dan F. nucleatum. “Ekstrak buah kepel juga dapat menyerap bau mulut dengan menurunkan nilai methyl mercaptan dan dimethyl sulfide,” tuturnya.

Buah kepel adalah salah satu jenis buah langka Indonesia dan sampai saat ini belum dibudayakan. Namun, manfaat buah ini telah lama dikenal kalangan keraton Yogyakarta dan Surakarta sebagai deodoran, pengharum napas, dan pengharum air seni.

Foto: Istimewa

Keingintahuan tentang mekanisme aksi senyawa dalam buah kepel yang bertanggungjawab dalam proses menghilangkan bau mulut inilah yang melatarbelakangi penelitian Dr. Asni membuat disertasi dengan judul “Studi Aktivitas, Identifikasi, dan Prediksi Mekanisme Senyawa Dari Ekstrak Buah Kepel Sebagai Penghilang Bau Mulut”.

Selain itu, ekstrak buah kepel juga dapat menyerap bau mulut dengan menurunkan nilai metik mekaptan dan dimetil sulfida penyebab bau mulut.

Sebagai info tambahan, berdasarkan data bioaktivitas, buah kepel juga memiliki aktivitas antioksidan serta dapat memperbaiki kualitas sperma pada objek kelinci. (Awib)

 

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here