IYD Memanggil Putra Putri Terbaik Bangsa

0
390
Foto: istimewa

Indonesian Youth Diplomacy (IYD) menyampaikan panggilan pendaftaran kepada seluruh pemuda-pemudi untuk menjadi perwakilan Indonesia pada Pertemuan Y20 2018 Argentina, dan secara bersamaan menjadi bagian dari organisasi IYD.

Dari tahun ke tahun IYD menerima lebih dari 1.000 pendaftaran pemuda-pemudi terbaik Indonesia pada tahap pertama, di mana hal ini menunjukkan tingginya antusiasme anak muda terhadap kegiatan Y20.

Pada tahun ini, Pertemuan Y20 akan diadakan di Cordoba, Argentina mulai dari 13 hingga 19 Agustus 2018. Sebagai rangkaian dari Kepresidenan Pemerintah Argentina untuk Pertemuan G20 di tahun 2018.

Tema Pertemuan G20 2018 adalah: “Membangun Kesepakatan untuk Pembangunan yang Adil dan Berkelanjutan”. Informasi detail mengenai persyaratan pendaftaran dan proses seleksi dapat diakses pada laman resmi IYD di¬†indonesianyouthdiplomacy.org.

Foto: istimewa

Indonesian Youth Diplomacy adalah perwakilan resmi pemuda Indonesia untuk Pertemuan Pemuda G20, atau yang lebih dikenal sebagai Y20, dan merupakan perwakilan resmi dari Sherpa G20 Indonesia untuk pemuda.

IYD secara konsisten telah merekrut pemuda-pemudi terbaik Indonesia untuk berpartisipasi pada Pertemuan Y20 sejak tahun 2010. Pertemuan ini pertama diadakan di Vancouver, Kanada.

Delegasi resmi dari IYD telah menghadiri berbagai Pertemuan Y20 setelahnya di Paris, Prancis (2011); Washington D.C., Amerika Serikat (2012); Saint Petersburg, Federasi Rusina (2013); Sydney, Australia (2014); Istanbul, Turki (2015); Beijing dan Shanghai, Republik Rakyat Tiongkok (2016), dan yang paling akhir di Berlin, Jerman (2017).

Selain menghadiri Pertemuan Y20, delegasi dari IYD juga berpartisipasi pada Pertemuan Y8 2013 sebagai salah satu negara undangan di London, Britania Raya. Dalam menjalankan proses perekrutan delegasi, IYD berkoordinasi dan berkonsultasi dengan Sherpa Indonesia untuk G20, yaitu Kementerian Luar Negeri dan sejak awal tahun 2018 dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga Indonesia.

Indonesian Youth Diplomacy (IYD) yang bertindak sebagai perwakilan resmi Sherpa G20 Indonesia untuk pemuda, adalah organisasi pemuda yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan partisipasi pemuda dalam diplomasi internasional serta meningkatkan kontribusi pemuda terhadap pembangunan nasional dan kerjasama internasional.

Selain melaksanakan proses rekrutmen delegasi Indonesia untuk Pertemuan Y20, IYD juga mengadakan program-program yang bersifat membagikan pengetahuan danmengundang pembuat kebijakan asing, perwakilan pemerintah, organisasi pemerintah internasional, lembaga swadaya masyarakat, sektor privat, dan pemangku kebijakan lainnya untuk berdialog dengan pemuda-pemudi Indonesia.

Awib Lomanis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here