ILMPI Wilayah IV, Wujudkan Indonesia Tersenyum

0
1142
Foto: Istimewa

Ikatan Lembaga Mahasiswa Psikologi Indonesia (ILMPI) adalah sebuah lembaga mahasiswa psikologi tingkat nasional yang berdiri pada tanggal 26 Januari 2011. Sebagai organisasi kemahasiswaan psikologi tingkat nasional, ILMPI menghimpun mahasiswa psikologi seluruh Indonesia dengan diwakili oleh Lembaga Eksekutif Mahasiswa (LEM) masing-masing Perguruan Tinggi sebagai anggotanya.

ILMPI mempunyai motto “Mewujudkan Indonesia Tersenyum Dengan Psikologi” yang menjadi simbol pengabdian dan perjuangan dari eksistensi organisasi ini. ILMPI sendiri terbagi menjadi 7 wilayah yang masing-masing dikoordinir oleh koordinator wilayah. Yogyakarta adalah satu-satunya wilayah yang hanya mengkoordinir satu provinsi yakni D.I. Yogyakarta.

ILMPI DIY berada di wilayah IV dengan 12 anggota yaitu Universitas Gadjah Mada, UIN Sunan Kalijaga, Universitas Islam Indonesia, Universitas Ahmad Dahlan, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Universitas Sanata Darma, Universitas Teknologi Yogyakarta, Universitas Proklamasi 45, Universitas Mercu Buana Yogyakarta, Sekolah Tingga Psikologi Yogyakarta, Universitas Negeri Yogyakarta, dan Universitas Aisyiyah.

ILMPI Wilayah IV ini baru saja menyelesaikan proses regenerasi pengurus, diawali dengan Musyawarah Wilayah yang dilaksanakan 10-11 Februari 2018 silam di UNISA dan menghasilkan Koordinator Wilayah dan Pengurus Harian Wilayah untuk periode 2018-2019. Selanjutnya juga akan membuka pendaftaran untuk mahasiswa yang ingin berperan sebagai staff badan dalam periode ini.

Tentunya ILMPI Wilayah IV melakukan beberapa tahap seleksi. Pertama adalah seleksi tingkat Universitas masing-masing yang dilakukan oleh LEM dari masing-masing Universitas, lalu dilanjutkan dengan seleksi tingkat ILMPI, dan hasil akan diumumkan melalui website ILMPI wilayah IV.

“Regenerasi dalam ILMPI itu harus dilakukan demi jalannya roda organisasi dan tetap terjalinnya kerjasama kita semua ILMPI dan Mahasiswa Psikologi lainnya,” tutur Ari Pranata. “Maka dari itu kita lakukan open rekrutmen ini dengan tahap pertama yaitu seleksi di Lembaga masing-masing. Ya harapannya supaya delegasi dari masing-masing LEM itu benar-benar yang berkualitas dan berkomitmen untuk aktif. Karena di tahun-tahun sebelumnya masih ada beberapa staff yang tiba-tiba hilang di tengah kepengurusan,” lanjut koordinator wilayah IV 2018-2019 itu.

Foto: Istimewa

“Seleksi untuk menjadi staff badan wilayah tahun ini dilakukan pada 24 Februari 2018 dengan tahapan FGD dan Wawancara. Sebelumnya telah dilakukan seleksi ditingkat Lembaga Eksekutif Mahasiswa dengan sistem seleksi yang diserahkan langsung ke masing-masing LEM,” ungkap Fairiyadi seorang demisioner Koor Badan Pengembangan dan Pengkajian Keilmuan wilayah.

Seperti yang disampaikan Ari, ILMPI Wilayah IV saat ini membutuhkan staff yang memiliki kompetensi sesuai dengan badan yang hendak diampunya dan juga siap berkomitmen untuk aktif selama periode berlangsung. Hal itu sangatlah berpengaruh pada keberlangsungan program kerja ILMPI selama setahun ke depan. “Karena ProKer ILMPI wilayah 4 kedepannya akan lumayan banyak dan melanjutkan ProKer periode sebelumnya yang dinilai kurang sempurna,” imbuh KorWil baru itu.

Rio Nurkholis Syaifuddin
Mahasiswa Fakultas Psikologi UST Jogja

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here