Yuk, Mengenal PTN di Yogyakarta

0
1781
Sumber foto: essensialoildiffuserusa.com

Siapa yang tidak mengenal Yogyakarta dengan icon Kota Pendidikannya? Bagi mahasiswa dan ortunya yang berasal dari daerah, menjadi suatu kebanggaan bisa kuliah di Yogya, apalagi kampusnya berlebel negeri. Ya, hingga kini PTN yang ada di Yogya telah memiliki legitimasi tinggi di daerah.

Bagi alumni mahasiswa PTN Yogya, pasti selalu menjadi pertimbangan utama saat mencari kerja di daerah asalnya. Inilah yang menjadikan calon mahasiswa berlomba-lomba masuk PTN Yogya. Tapi, sudahkah kamu mengenal PTN apa saja yang ada di Yogya? Bagaimana peluangmu?

Ada lima PTN di DIY yang mengikuti jalur SNMPTN, yakni UGM, ISI Yogyakarta, UNY, UIN Sunan Kalijaga, dan UPN “Veteran” Yogyakarta. Distribusi alokasi daya tampung mahasiswa baru lewat jalur SNMPTN di masing-masing PTN berbeda-beda.

 

UNY

Sumber foto: uny.ac.id

UNY mengalokasikan kuota mahasiswa baru jalur SNMPTN sebesar 35 persen. Universitas yang dulu dikenal sebagai IKIP ini memiliki daya tampung untuk jalur SNMPTN sebanyak 1.647 dari total kuota 4.697 orang. UNY memiliki 56 program studi.

“Rata-rata peluang mendapatkan kursi di UNY lewat 1:18, artinya hanya satu orang yang diterima dari 18 orang,” ujar Margana, Wakil Rektor I UNY dalam jumpa pers di Auditorium UNY, Selasa (16/1/2018).

UNY mengalokasikan kuota mahasiswa baru jalur SNMPTN sebesar 35 persen. Universitas yang dulu dikenal sebagai IKIP ini memiliki daya tampung untuk jalur SNMPTN sebanyak 1.647 dari total kuota 4.697 orang. UNY memiliki 56 program studi.

“Rata-rata peluang mendapatkan kursi di UNY lewat 1:18, artinya hanya satu orang yang diterima dari 18 orang,” ujar Margana, Wakil Rektor I UNY dalam jumpa pers di Auditorium UNY, Selasa (16/1).

 

UGM

Sumber foto: ugm.ac.id

Universitas ini mengalokasikan 30 persen penerimaan mahasiswa lewat jalur SNMPTN atau 2.130 dari total kuota mahasiswa baru 7.099 orang. Menurut Direktur Pendidikan dan Pengajaran UGM, Sri Peni, pada SNMPTN 2017 terdapat 33.837 pendaftar dan yang diterima hanya 8,63 persen.

 

UPN “Veteran” Yogyakarta

Sumber foto: upnyk.ac.id

Universitas yang kini beralih status menjadi negeri ini memiliki kuota penerimaan mahasiswa baru lewat jalur SNMPTN sebesar 30 persen atau 831 dari total kuota 2.770 orang.

“Pada tahun kemarin, jalur SNMPTN menerima 2.380 dari total pendaftar sekitar 56.000 orang,” kata Irhas Efendi, Wakil Rektor I UPN “Veteran” Yogyakarta. PTN ini memiliki 20 program studi dan sejumlah program studi favorit, meliputi Perminyakan, Geologi, Tambang, dan Ilmu Komunikasi.

 

UIN Sunan Kalijaga

Foto: Swarakampus.com

Universitas Islam Negeri di Yogyakarta ini memiliki 41 program studi dari 8 fakultas. Akan tetapi, hanya 17 program studi dari 5 fakultas yang membuka pendaftaran mahasiswa baru lewat jalur SNMPTN.

“Daya tampung untuk SNMPTN 391 orang atau 30 persen dari total daya tampung,” ujar Ridwan, Ketua Admisi UIN Sunan Kalijaga.

Ia memastikan seluruh program studi di UIN Sunan Kalijaga selalu menjadi pilihan pertama dan hanya satu program studi yang menjadi alternatif kedua yakni Fisika Murni.

 

ISI Yogyakarta

Sumber foto: mamikos.com

Untuk pertama kalinya ISI Yogyakarta membuka pendaftaran mahasiswa baru dengan jalur SNMPTN pada tahun ini. Ada 11 program studi yang ditawarkan lewat jalur ini dengan kuota 166 orang.

“Karena ini kampus seni kami sangat mempertimbangkan portofolio siswa selama bersekolah,” kata I Wayang Kasna, Pembantu Rektor I ISI Yogyakarta.

Nah, bagaimana? Apakah sudah mulai ditentukan pilihanmu? Jika sudah, silahkan browsing link dari kampus masing-masing pilihanmu. Buka dan pelajari lebih jauh terutama terkait dengan program studi favoritmu. Persiapkan diri untuk test, dan jangan sesal kemudian tak berguna.

Awib Lomanis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here