Mahasiswa S2 MP UNY Semangat Ikuti Pelatihan Penulisan Artikel

0
440
Foto: Istimewa

 Mahasiswa S2 UNY semangat mengikuti pelatihan penulisan artikel untuk jurnal internasional terindeks scopus, yang diadakan oleh Program Studi S2 Manajemen Pendidikan (MP) UNY (6/2/2018) lalu. Pelatihan menghadirkan Yuli Ardiansyah sebagai narasumber dan mendapatkan dukungan dari halloagenda.

Antusiasme peserta pelatihan  sangat tinggi, meskipun dalam Peraturan Rektor No. 18 Tahun 2017 tanggal 1 Agustus 2017 tentang Pedoman Tesis dan Disertasi tidak mewajibkan kepada mahasiswa  S2 UNY untuk mempublikasikan artikel pada jurnal tersebut. Hal ini terbukti dengan banyaknya peserta yang hadir  dalam acara pelatihan itu, sebanyak 123 mahasiswa.

Dalam paparannya, Yuli Ardiansyah memberikan beberapa tips untuk bisa menembus jurnal internasional yang terindeks scopus, salah satunya dengan tips “turun gunung”. Artinya,  mahasiswa yang akan mengajukan artikel, jangan takut untuk memasukkan artikelnya pada jurnal yang dianggapnya sulit untuk ditembus.

Apabila artikelnya ditolak dengan sebuah catatan dari auditor jurnal yang dituju, maka catatan itu dapat digunakan sebagai alat perbaikan terhadap artikel yang ditolak tersebut. Selanjutnya artikel yang sudah diperbaiki, dapat dimasukkan kembali pada jurnal yang memiliki grade di bawah jurnal yang sebelumnya.

Apabila ditolak kembali dengan sebuah catatan, maka lakukan hal yang sama dengan sebelumnya. Dengan cara begitu, artikel mahasiswa tersebut semakin lama akan semakin baik karena selalu diperbaiki berdasarkan catatan-catatan dari para auditor berbagai jurnal yang terindeks scopus.

Foto: Istimewa

Apabila mahasiswa sudah merasa yakin bahwa jurnalnya sudah baik, maka artikelnya dapat dimasukkan kembali pada jurnal yang memiliki grade di bawah jurnal yang terakhir dimasuki oleh mahasiswa.

Selain itu, Yuli Ardiansyah dalam pernyataan penutupnya mendorong seluruh mahasiswa S2 MP UNY yang hadir dalam acara tersebut untuk tidak sekedar mengikuti pelatihan, namun selepas pelatihan hendaknya menindaklanjuti dengan segera memulai menulis artikel untuk jurnal internasional terindeks scopus.

Dengan adanya acara pelatihan penulisan artikel untuk jurnal internasional terindeks scopus tersebut, diharapakan akan memberikan motivasi kepada mahasiswa S2 MP UNY untuk segera memulai menulis artikel dan pantang menyerah terhadap segala rintangan yang ada dalam penulisan artikel tersebut.

Sugeng

mahasiswa UNY

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here