UKM Penelitian UNU Yogyakarta Bergerak Progresif

0
586
Foto: Istimewa

Meski tergolong baru, Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Yogyakarta mulai melangkah berpacu mengejar kampus-kampus lain.  Universitas ini tidak ingin ketinggalan dalam hal pengembangan intelektual. Mahasiswa dan dosen senantiasa bersinergi untuk memajukan kampus mereka secara bersama-sama.

Sebagai salah satu langkah untuk mengejar ketertinggalannya dari kampus lain, UNU Yogyakarta mendirikan organisasi dan lembaga kemahasiswaan sebagai wadah untuk menampung ide dan kreatifitas mahasiswa. Salah satu organisasi mahasiswa yang didirikan yakni  Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Penelitian. UKM ini merupakan organisasi kemahasiswaan yang bergerak dalam upaya pengembangan intelektual dan penalaran.

Menyadari fungsinya sebagai pendorong untuk mahasiswa menemukan ide-ide kreatif sekaligus menjadi  wadah bagi hasil berpikir mahasiswa,  UKM Penelitian mengadakan diskusi rutin setiap selasa siang. Selasa (23/01) kemarin, merupakan  diskusi kelima yang telah mereka selenggarakan.

Meski diselenggarakan oleh UKM Penelitian, namun  diskusi ini terbuka untuk umum.  Penyelenggara mempersilahkan siapapun dan dari organisasi atau instansi manapun untuk bergabung. Seperti pada kesempatan itu (selasa, 23/01), hadir mahasiswa dari organisasi Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) rayon Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Taqiyuddin Saleh sebagai Ketua Umum UKM Penelitian menyambut baik kedatangan mahasiswa itu. “Kami sampaikan terimakasih atas kehadirannya. Sungguh ini merupakan apresiasi yang luar biasa dan sebagai pemacu semangat bagi kami. Kawan ini datang dari UIN kesini untuk berbagi ide dan bertukar pendapat dengan kita” demikian kata Taqi. Pihaknya berharap diskusi semacam ini dapat terus dilaksanakan dan memberikan manfaat bagi mahasiswa.

Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UNU Yogyakarta, Syaiful dalan forum diskusi yang sama juga menyampaikan bahwa pihaknya mendukung dan mengapresiasi diskusi rutin yang diadakan oleh UKM Penelitian UNU Yogyakarta.

Pada lain kesempatan, Agung Wibawanto, editor SwaraKampus.com memuji semangat menulis mahasiswa-mahasiswi UNU Yogyakarta. Dirinya mengomentari sebuah tulisan mahasiswa dari UKM Penelitian UNU Yogyakarta yang menurutnya sangat menarik dalam mengulas fenomena saat ini. Hal itu diungkapkannya dalam grup social media whats app Punggawa Swaka online pada Tabu (24/01).

Beberapa mahasiswa dari UKM Penelitian UNU Yogyakarta  aktif menulis dan mengikuti acara yang diselenggarakan oleh Swaka online. Hal ini merupakan  bagian dari pengembangan komunikasi dan peran UKM Penelitian UNU Yogyakarta untuk menjadi wadah bagi bakat dan minat mahasiswa dalam menulis sekaligus menjadi media informasi dan komunikasi bagi mereka.

Ahmad Samsudin
Mahasiwa Agribisnis UNY Yogyakarta

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here