Kembangkan Usaha Mikro, Pemdes Salam Gandeng UP 45

0
461
Sumber: freepic
Prev1 of 2

Desa memiliki beragam potensi lokal. Potensi tersebut jika dimanfaatkan akan menumbuhkan usaha mikro masyarakat semakin berkembang. Salah satunya Desa Salam Patuk Gunungkidul, DIY, yang memiliki beragam potensi, baik itu sumber daya alam seperti perkebunan, pertanian dan sumberdaya manusia yang memiliki usaha mikro masyarakat seperti kerajinan, kuliner, perdagangan.

Letaknya yang strategis di pusat Kecamatan Patuk sebagai pintu masuk gerbang utama kawasan wisata juga sebagian besar wilayah Desa Salam berada pada lintasan Jalan Raya Jogjakarta menuju Wonosari dan Jawa Tengah serta Jawa Timur wilayah selatan. Namun, potensi tersebut belum dikelola secara optimal. Untuk itu, perlu adanya pembinaan dan pengembangan usaha ekonomi masyaraka tkhususnya usaha mikro berbasis desa.

Upaya mengembangkan kewirausahaan ekonomi mikro masyarakat tersebut telah dilakukan oleh Pemerintah Desa Salam bekerjasama dengan Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta dalam rangkaian “Sarasehan Pembinaan dan Pembinaan Usaha Mikro Berbasis Desa” Rabu (29/11) di Aula Balai Desa Salam. Kegiatan yang diikuti oleh puluhan pelaku usaha mikro tersebut selain menjelaskan tentang keberadaan “BUMDes Makmur Jaya Desa Salam” juga dipaparkan tentang kiat sukses mengembangkan wirausaha oleh Muhamad Ali Sukrajap SE MBA selaku Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta.

Ali Sukrajap yang juga Wakil Rektor III ini memaparkan bahwa pelaku usaha dalam menjalankan usaha biasanya terkendala apakah dalam aspek modal atau produksi dan kebanyakan tentang masalah pemasaran. Adapun pelaku usaha pemula biasaya kendala modal selalu diasumsikan dengan uang, padahal modal itu tidak selalu berupa uang, modal dapat berupa tempat atau peralatan dan lain sebagainya.

Prev1 of 2

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here