Dolan Ilmiah Goes to Surakarta

0
507
Sumber foto: Istimewa

Ajang Silahturahmi

Dolan Ilmiah Goes to Surakarta,” begitulah tema yang diangkat REALITY (Research dan Learning Community) Fakultas Ilmu Pendidikan UNY pada studi banding kali ini yang telah terselenggara Sabtu, 25 November 2017 kemarin.

Di koordinatori Ana Fithrotunnisa (PGSD 2015) dari devisi Media dan Jaringan, pengurus REALITY tahun ini diajak untuk berkunjung di Universitas Sebelas Maret, Surakarta. Dalam agenda Studi Banding ini tidak hanya pengurus saja yang telibat bahkan 7 mahasiswa baru angkatan 2017 juga bergabung, hal ini dimaksudkan sebagai bentuk kaderisasi.

Seperti temanya, dolan ilmiah yang berarti main ilmiah tentu acara ini tidak sekedar bermain ke Surakarta dan bersenang-senang saja namun yang terpenting adalah memperoleh ilmu sebanyak-banyak yang bermanfaat bagi kemajuan organisasi. Begitu pula diharapkan teman-teman dari LSP (Lingkar Studi Pendidikan) FKIP UNS dapat memperoleh manfaat dari kunjungan REALITY.

Diawali dengan doa, acara ini berlangsung dengan hangat dan mengakrabkan. Sambutan yang bersahabat dari Supriyadi selaku ketua LSP membuat Andhika Karisma Putra (ketua REALITY) tidak henti-hentinya mengucapkan syukur dan terimakasih dalam sambutannya. Acara berikutnya adalah pemaparan struktur organisasi dan fungsinya dari masing-masing UKMF.

Acara selanjutnya adalah diskusi ilmiah, acara yang membucah kecanggungan dan mengubahnya menjadi keakraban melalui perkenalan. “Saya bukan siapa-siapa di REALITY,” begitulah ungkapan yang terlontar dari perkenalan mahasiswa baru FIP UNY membuat suasana perkenalan dipenuhi dengan gelak tawa.

Dilanjutkan dengan tanya jawab untuk menuntaskan rasa ingin tahu dari masing-masing pihak. Setelah puas dengan penjelasan yang disampaikan, diskusi ini diakhiri dengan kesepakatan kedua organisasi untuk menjalin silahturahmi lebih dekat melalui Forum Joglo Semar (Jogja, Solo, Semarang).

Berlatarbelakang visi yang sama yakni mengembangkan kultur ilmiah dimasing-masing fakultas, keduanya berharap melalui forum ini dapat memperluas jejaring kerjasama UKMF penelitian bidang pendidikan dan dapat saling memotivasi, menginspirari serta memberikan dampak yang lebih luas.

Tentu ini barulah awal untuk merintis gagasan besar tersebut, komitmen serta langkah konkreat sangat diperlukan untuk menindaklanjut kesepakatan ini. Agenda mengajak salah satu univeritas di Semarang pun telah direncanakan, besar harapan tujuan yang baik ini dapat berjalan dengan baik pula.

Yulianti

Pendidikan Sekolah Dasar (PSD)
Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here