Mahasiswa Sosial pun Perlu Laboratorium

0
492
Foto: Istimewa

Lab FIS UNY Kunjungi Lab Sosiologi UIN

Laboratorium merupakan salah satu wadah bagi mahasiswa untuk mengembangkan keilmuannya. Laboratorium (disingkat lab) adalah tempat riset ilmiah, eksperimen, pengukuran ataupun pelatihan ilmiah dilakukan. Laboratorium biasanya dibuat untuk memungkinkan dilakukannya kegiatan-kegiatan tersebut secara terkendali (Anonim, 2007).

Sementara menurut Emha (2002), laboratorium diartikan sebagai suatu tempat untuk mengadakan percobaan, penyelidikan, dan sebagainya yang berhubungan dengan ilmu fisika, kimia, dan biologi atau bidang ilmu lain. Pentingnya pengelolaan Lab dengan baik supaya Lab menjadi salah satu sarana efektif untuk mengembangkan potensi mahasiswa. Termasuk, mahasiswa dengan latar belakang keilmuan sosial.

Menaggapi hal ini Lab FIS Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) melakukan kunjungan organiasasi (24/11) ke laboratorium Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISHUM) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Lab FIS merupakan laboratorium di bawah naungan jurusan Sosiologi UNY.

Menyambut baik kunjungan ini, Kaprodi Sosiologi Achmad Zainal Arifin, M.A., Ph.D berharap, kunjungan kali ini tidak berhenti hanya sampai di sini. “Di sini kita bisa berbagi pengalaman terkait Laboratorium. Ke depannya, bisa saling berkerjasama,” tutur Kaprodi Sosiologi FISHUM.

Sebagai media pembelajaran, laboratorium Sosiologi menjadi wadah bagi mahasiswa terutama untuk berkarya dan mengembangkan kajian-kajian teori yang telah dipelajari di kelas. Beberapa program kerja yang telah dilakukan dari kedua Lab ini antara lain ialah diskusi, bedah film, bedah buku, hingga penelitian.

Berbeda konsep dengan Lab Fis UNY, Lab Sosiologi FISHUM justru memiliki untuk mengkolaborasikan antara dosen dan mahasiswa dalam hal mengelola lab. Sedangkan di Lab FIS, kendali sepenuhnya ialah di tangan mahasiswa. Namun walau begitu, peminjaman buku yang dilakukan di UNY memang perlu menjadi referensi dari Lab Sosiologi FISHUM itu sendiri. Yakni, sistem peminjaman online dan syarat wajib Munaqosah salah satunya ialah bebas pustaka dari Lab Jurusan.

Selain berkolaborasi dengan dosen untuk mengelola website, pengawasan dan pengawalan ini bermanfaat untuk mengoptimalkan perogram kerja yang ada di Lab itu sendiri. Terutama untuk menimbulkan rasa semangat mahasiswa untuk ikut hadir dan menuangkan gagasan secara aktif di Lab. Karena bagaimanapun, Lab menjadi wadah yang efektif untuk menuangkan gagasan. Termasuk dalam kajian keilmuan Sosial.

Tentu kunjungan ini menjadi kunjungan yang menarik karena dengan kajian yang berbeda antara Sosiologi umum dengan Sosiologi Pendidikan. Sehingga, bisa membandingkan kajian-kajian apa saja yang menjadi konsentrasi mahasiswa Sosiologi di kedua kampus ini.

Tri Muryani
Mahasiswa Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here