Pendadaran, Ajang “Pembantaian?”

0
416
Sumber foto: Istimewa

Banyak mahasiswa yang merasa takut dengan skripsi yang disebut-sebut sebagai gong-nya perkuliahan. Selama 4 tahun kuliah, skripsi merupakan ujung tombak mahasiswa untuk menentukan kualifikasinya dalam membuat suatu penelitian dan mempunyai porsi besar dalam penentuan kelulusannya.

Hal yang paling mendebarkan bagi mahasiswa adalah detik-detik ujian pendadaran yang dihadiri oleh dosen penguji dan dosen pembimbing. Banyak yang mengatakan, saat-saat seperti itulah mahasiswa seperti “dibantai” karena harus mempertanggungjawabkan hasil penelitiannya. Untuk mengantisipasi hal tersebut, sebuah ide kreatif dilakukan oleh Muh. Roni Indarto.

“Saya sering melihat mahasiswa terlalu stress menjelang pendadaran. Saat itu saya berpikiran kenapa mereka tidak berlatih sebelum pendadaran? Selain untuk lebih menghidupkan suasana akademis di kampus ini, acara ini juga bisa bermanfaat untuk adik kelas mereka. Di sana mereka bisa melihat hasil penelitian kakak kelas mereka yang tentunya akan menambah pengetahuan,” tutur Roni dosen STIM YKPN.

Sumber foto: essensialoildiffuserusa.com

“Mereka juga bisa bertanya tentang hal-hal bersangkutan yang belum mereka ketahui.Dalam penelitian kali ini, banyak yang mengolah data dengan aplikasi E-views. Seperti yang kita tahu, biasanya mahasiswa hanya menggunakan SPSS. Nah, ini bisa menjadi wawasan baru. Mahasiswa juga bisa sharing ilmu. Sementara, dosen lain bisa memberi masukan jika kiranya terdapat kekeliruan.” Lanjutnya.

Dalam seminar pemaparan skripsi kali ini, mahasiswa yang presentasi berjumlah 4 orang dengan konsentrasi manajemen keuangan. Mereka adalah Listianingsih, dengan judul “Pengaruh Day Of The Week Effect Terhadap Return Saham IDX30 Periode Januari-Desember 2016”, Ernita Febi Fatonah dengan judul “Pengaruh Pertumbuhan Perusahaan dan Kepemilikan Institusional Terhadap Kebijakan Hutang Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan dan Minuman Di BEI Pada Tahun 2011-2015”.

Sumber foto: disabilitycarecenter.org

Sementara Eni Purwanti dengan judul “Pengaruh Net Interest Margin (NIM), Non Performing Loan (NPL), dan Loan To Deposite Ratio (LDR) Terhadap Return On Asset (ROA) Pada Perusahaan Perbankan Umum Yang Terdaftar di BEI Periode 2013 – 2015”, dan Fitri Astuti dengan judul “Pengaruh Struktur Modal dan Ukuran Perusahaan Terhadap Profitabilitas (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur Sebusektir Food And Beverage Periode 2010 – 2015)”.
Kegiatan ini mendapatkan respon yang baik dari kalangan dosen maupun mahasiswa sendiri. Saat pelaksanaan acara, terdapat beberapa dosen yang hadir dan mahasiswanya mencapai 60 orang lebih.

“Acara ini sangat sukses. Mungkin ini baru pertama kalinya diadakan di kampus. Persiapannya pun sangat mendadak, tidak mencapai satu minggu. Saya tidak menyangka bahwa peserta bisa mencapai 60 orang lebih. Mungkin acara ini akan menjadi acara rutin kampusdan akan dilaksanakan beberapa kali dalam setahun,” pungkas Roni.

(Wasmiyati,
Mhs Manajemen STIM YKPN Yogya).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here