Mahasiswi ini lulus dengan IPK sempurna hanya dalam 19 bulan

0
1122
Sumber Facebook Dika Agustia Indrati

Sepertinya tidak ada mahasiswa yang tidak ingin mendapatkan IPK yang tidak harus sempurna, namun cukup tinggi. Tentu akan sangat membanggakan sekaligus jaminan masa depan, dapat diterima bekerja di instansi manapun yang diinginkan. Tidak hanya IPK yang tinggi tapi juga kuliah dengan waktu yang super cepat (19 bulan), pastilah tidak perlu banyak waktu, tenaga dan terutama biaya.

Kuliah dengan IPK sempurna dan hanya 19 bulan, sepertinya hal yang sangat mustahil bisa diraih oleh seorang mahasiswa, namun Dika Agustia Indrati sudah membuktikannya. Siapa yang tidak iri dengan prestasi Dika ini? “Wah pasti bikin iri deh. Semua mahasiswa ingin kuliah cepat dan mendapat IPK tinggi, tapi itu tidak mudah,” komentar Rani, mahasiswa Psikologi UGM, yang mungkin mewakili mahasiswa lainnya.

“Kok bisa” menjadi pertanyaan utama yang diajukan mahasiswa kebanyakan. Mengingat banyaknya tantangan dan godaan yang kerap mengalihkan konsentrasi kuliah, “Kalau sudah ngonline bikin lupa segalanya, belum lagi dengan banyaknya kegiatan di luar kampus, ikut organisasi atau berwirausaha dan pastilah ada waktu untuk urusan pribadi,” ungkap Wira, mahasiswa Fisip UMY.

Rani dan Wira, seperti juga dengan mahasiswa lainnya seperti terperangah, bagaimana mungkin mahasiswa (S1) dapat menyelesaikan studi hanya dalam 19 bulan serta mendapat IPK sempurna 4,0? “Biasanya hanya mahasiswa dengan karakter cupu, pendiam, serius serta kutu buku kali ya, yang bisa memiliki prestasi akademik seperti itu,” tambah Wira yang penasaran ingin mengetahui kepribadian Dika.

Dika Agustia Indrati atau yang akrab dipanggil Dika merupakan mahasiswa yang mengambil prodi Pendidikan Biologi Internasional, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam di Universitas Negeri Yogyakarta. Dalam keseharian, Dika seorang yang ceria, semangat dan mudah bergaul seperti mahasiswa pada umumnya di kampus. Ia mendapatkan predikat mahasiswa berprestasi dalam acara wisuda mahasiswa UNY beberapa waktu lalu.

Sumber Facebook Dika Agustia Indrati

Dika dinobatkan sebagai lulusan terbaik dengan IPK sempurna 4,0 sekaigus lulusan tercepat menyelesaikan masa studi yang hanya 19 bulan saja. Setiap hasil pastilah memiliki proses, demikian pula dengan apa yang dilalui Dika. Ia sedikit membagi tips bagaimana mencapai semua itu, “Bersungguh-sungguh dalam melakukan berbagai aktivitas kuliahnya, terutama dalam menyelesaikan tugas-tugasnya,” jelasnya.

Mahasiswa asal Rembang, Jawa Tengah tersebut juga mengaku selalu mengembangkan dirinya dengan mengikuti berbagai seminar nasioal maupun internasional, “Kegiatan akademik seperti itu sangat menyenangkan terutama bertemu dengan berbagai kalangan pakar dan dosen. Mereka memiliki pengetahuan, pengalaman dan juga akses dengan jaringan di luar kampus,” ujar gadis yang juga sempat menjadi tentor di sebuah bimbel.

Menurutnya pula, seorang mahasiswa perlu membaca berbagai referensi dari luar negeri, “Kita perlu sesering mungkin membaca referensi dari luar negeri sesuai bidang kita masing-masing agar bisa memahami sebuah topik secara utuh dan orisinal. Referensi dari Indonesia juga bagus untuk dibaca, akan tetapi terkadang sudah diubah oleh penulisnya, sudah tidak sesuai dengan buku induknya yang dari luar negeri,” tambahnya.

Sementara itu, perwakilan Direktur PPs, Dr Sugito MA, menuturkan bahwa kesuksesan seseorang bukan hanya ditentukan oleh pendidikannya, “Akan tetapi sebagian besar ditentukan dari dunia luar seperti dukungan orangtua, keluarga, lingkungan, dan pergaulan secara global dan terutama dari dalam dirinya sendiri,” tutur Sugito.

Desi Rindi Rahmawati
Mhs Pendidikan Akuntansi, FE
Unversitas Negeri Yogyakarta

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here