Mahasiswi UNS Lakukan Aksi Tanggap Wabah Covid-19 Di Sirat, Sidomulyo, Bambanglipuro, Bantul

0
21
Foto: Istimewa

Mahasiswi Universitas Sebelas Maret (UNS), Safitri Nurul Aisyah dengan Nomor Induk Mahasiswa F0317091, telah melakukan kegiatan yang melibatkan masyarakat untuk mencegah adanya penyebaran Covid-19 di Sirat, Sidomulyo, Bambanglipuro, Bantul. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka KKN (Kegiatan Kuliah Kerja Nyata) di UNS pada era pandemik Covid-19. KKN ini dibimbing oleh dosen fakultas teknik, Prof. Dr. Eng. Syamsul Hadi, S.T., M.T., dengan periode KKN dari tanggal 22 Mei – 26 Juni 2020.

Kegiatan KKN ini dibagi menjadi dua kategori, program utama dan program penunjang. Program utama yang dilakukan oleh mahasiswi ini yaitu bimbingan belajar untuk para siswa SD, SMP, dan SMA yang dilakukan secara daring melalui aplikasi WhatsApp dan pembuatan alat cuci tangan portabel yang diletakkan di tempat publik yaitu di TK Sedyo Rukun dan di Posyandu  yang dimana letaknya di perkarangan rumah Kepala Dusun Sirat. Sedangkan kegiatan penunjangnya adalah pembagian masker kain kepada warga Sirat yang disertai dengan selembaran tentang cara mencegah penularan Covid-19 dan membagikan informasi yang terkait dengan Covid-19 mulai dari definisi, cara mencegah, cara penularan, new normal, dan lainnya. Informasi ini dibagikan melalui media sosial seperti Instagram.

Hasil dari kegiatan ini adalah warga Sirat dapat menerapkan protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah seperti perilaku hidup sehat dengan sering mencuci tangan dan pemakaian masker jika berpergian. Selain itu, masyarakat umum juga mendapatkan informasi-informasi yang valid melalui informasi-informasi yang dibagikan di media sosial dan para siswa juga mendapatkan kemudahan dalam memahami materi pelajaran serta pengetahuan tentang Covid-19.

Safitri Nurul Aisyah, mahasiswi UNS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here