Menjadi Mahasiswa Efektif, dari Pengenalan Kehidupan Kampus UP45

0
46
Foto: Istimewa

Mahasiswa merupakan sumber daya manusia yang potensial. Pendampingan yang tepat terhadap mahasiswa potensial akan mampu menyiapkan mereka dalam menghadapi persaingan yang sangat ketat. Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta dalam upaya menjadikan lulusan yang profesional dan mampu bersaing dalam berbagai lapangan kerja maka menyelenggarakan program Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB). Rangkaian kegiatan yang dibuka oleh Rektor UP45, Ir. Bambang Irjanto, MBA. dilaksanakan pada 5 – 7 September 2019.

Sebelum memasuki perkuliahan, para mahasiswa baru diwajibkan mengikuti program PKKMB. Tujuannya untuk memperkenalkan, mempersiapkan, dan mengakselerasi mahasiswa baru dalam proses transisi mahasiswa yang sadar akan hak dan kewajibannya, sehingga dapat mendukung keberhasilan studinya di perguruan tinggi.. Hak dan kewajiban mahasiswa memuat materi tentang sistem pendidikan tinggi kegiatan akademik dan kemahasiswaan, kebijakan kampus, materi bela negara, radikalisme, dan penyalahgunaan narkoba.

Mahasiswa baru juga mengikuti program MBTI yaitu psikotes yang dirancang untuk mengukur preferensi psikologis seseorang dalam melihat dunia dan membuat keputusan. Tes ini juga untuk melihat karakter kepribadian mahasiswa baru sehingga tim kemahasiswaan dan biro psikologi dapat mengarahkan mahasiswa baru sesuai minat dan kemampuannya. Sedangkan, tujuan mengetahui minat dan kemampuan akan lebih memudahkan mahasiswa mengikuti proses perkuliahan dan berbagai aktivitas yang menunjang prestasi.

Mahasiswa UP45 selanjutnya akan diberikan sertifikat pendamping ijazah yang tersertifikasi untuk memudahkan mahasiswa mendapat pekerjaan baik dari magang maupun pelatihan kerja. Bagi mahasiswa yang ingin berwirausaha, UP45 akan memberikan mentoring hingga mahasiswa dapat membuka lapangan usaha.

Kesadaran bahwa pendidikan di perguruan tinggi tidak hanya membekali mahasiswa dari segi keilmuan, namun juga terciptanya pembentukan karakter. Pembentukan karakter meliputi nilai integritas, moral, etika, kejujuran, kepedulian, tanggung jawab dan kedisiplinan dalam kehidupan di kampus dan masyarakat, pengembangan potensi diri dan peningkatan kemampuan berkomunikasi, berorganisasi dan bekerjasama dengan orang lain (interpersonal skills) serta penumbuhkan minat berwirausaha (entrepreneurship), sehingga tujuan membangun karakter mahasiswa sesuai dengan visi UP45. Kegiatan PKKMB juga terdapat sesi motivasi.

Fx. Wahyu Widiantoro, S.Psi.,M.A., selaku narasumber menjelaskan tentang motivasi menjadi mahasiswa yang efektif dalam menghadapi kegiatan belajar baik di lingkungan kampus maupun persiapan karir. Motivasi tersebut berupa pengelolaan emosi, kemampuan menjalin relasi, hingga keterampilan spiritual. Materi disampaikan secara reflektif dengan contoh yang aplikatif sehingga menarik bagi para peserta PKKMB untuk terlibat secara aktif. ”Karakter yang harus terus dikembangkan agar mampu menjadi pribadi yang efektif terdiri dari 5 point penting, yaitu (1) Berani menampilkan potensi diri yang positif, (2) Mampu melihat peluang, (3) Mampu bersyukur, (4) Berprestasi secara jujur, (5) Memiliki energi positif”, demikian dijelaskan oleh Wahyu.

Foto: Istimewa

Universitas Proklamasi 45, The University of Petroleum, sebagai satu-satunya perguruan tinggi di Indonesia yang memiliki visi untuk menyelenggarakan pendidikan dengan fokus pada bidang Energi dan Migas. Sejak berdiri hingga tahun 2019 Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta telah meluluskan ribuan sarjana muda negara. Sejak tahun 1964-2019 Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta menyelenggarakan jenjang pendidikan strata 1 (S1) di 5 (Lima) Fakultas. Alex Kamal Hasan, S.P., selaku Ketua Panitia PKKMB UP45 Yogyakarta Tahun Ajaran 2019/2020, mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi mensukseskan acara PKKMB, mulai dari persiapan hingga selesainya seluruh rangkaian kegiatan.

Penulis:

Relisa

UMBY

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here