Peran Bahasa Inggris Di Era Globalisasi

0
37
Sumber foto: essaydune.com

Selain mahir berbahasa Indonesia kita juga dituntut untuk dapat menguasai bahasa asing contohnya bahasa inggris ,kenapa kita harus menguasai bahasa asing contohnya bahasa inggris dikarenakan bahasa inggris sudah menjadi bahasa yang universal yang digunakan dalam dunia teknologi,politik,perdagangan,dan lain sebagainya.

Bahasa merupakan alat komunikasi yang sangat crucial ,suka tidak suka,saat ini bahasa inggris sudah sangat mendominasi semua aspek dalam hal komunikasi. Kita bisa melihat hampir semua produk mencantumkan bahasa inggris di dalam kemasannya.Selain itu terdapat Negara –Negara tepatnya di asia tenggara yang menjadikan bahasa inggris sebagai ‘’Medium of instruction’’ dan juga menjadikan bahasa kedua sesudah bahasa nasional mereka ,seperti Filipina, Singapura dan Malaisya.

Pelajaran Bahasa Inggris di Indonesia sendiri sudah dimulai sejak zaman penjajahan Belanda. Namun, pengajaran Bahasa Inggris dihapus oleh pemerintah pendudukan Jepang. Penghapusan itu merupakan bagian dari revisi sistem pendidikan yang telah diadakan oleh pemerintah kolonial Belanda. Setelah Indonesia memproklamasikan kemerdekaan pada tahun 1945, pengajaran Bahasa Inggris dimulai lagi.

Pengembangan pengajaran Bahasa Inggris tampak jelas setelah Mr. Wachendorf, orang pertama yang menjabat Kepala Inspektorat Pusat Pengajaran Bahasa Inggris di Departemen Pendidikan, menyatakan bahwa Bahasa Inggris berkedudukan sebagai bahasa asing pertama yang harus diajarkan di sekolah-sekolah menengah di Indonesia. Adapun tujuan pengajaran Bahasa Inggris, menurut Wachendorf ialah untuk membekali siswa dengan “working knowledge of English”. Pengajaran Bahasa Inggris tersebut diperkuat dengan Keputusan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan, No. 096/1967, yang masih berlaku sampai sekarang.

Dalam persaingan di era modern seperti sekarang ini masyarakat tidak hanya dituntut memiliki pendidikan yang tinggi akan tetapi kita juga di tuntut memiliki keterampilan atau yang sering disebut skill. Salah satu skill yang paling dibutuhkan sekarang adalah dapat menguasai berbagai bahasa internasional. Mempunyai skill tersebut menjadi nilai plus seseorang dalam dunia kerjanya dan juga menjadi daya saing tersendiri,karena seperti yang kita ketahui sekarang skill lebih dipandang daripada pengakuan akademik dengan kata lain skill lebih penting daripada sertifikat.

Dalam aspek pendidikan saja bahasa inggris sangat diperlukan ,contohnya jika kita ingin melanjutkan S2 keluar negeri maka kita harus mempunyai persyaratan untuk lulus tes TOEFL dan memiliki nilai yang baik untuk lulus. Di Indonesia sendiri sudah banyak lembaga kursus yang menyediakan pelatihan bahasa inggris dan sudah cukup terkenal,contohnya di kampung inggris pare.

Kebanyakan orang-orang mengeluh untuk bisa memahami bahasa inggris dengan cepat dan benar dikarenakan struktur bahasanya yang berbeda dengan bahasa indonesia,akan tetapi alasan alasan tersebut bukan menjadi alasan kita untuk mengembangkan kemampuan kita untuk belajar bahasa asing.

Sitti Hadijah N
Mahasiswa Fak. Pendidikan Bahasa Inggris
Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here