Biro Psikologi UP45 Road To SMA Negeri 1 Turi

0
102
Foto: Istimewa

Awal tahun ajaran baru merupakan saat bagi para siswa untuk mengawali proses kegiatan belajar di sekolah. Sekolah merupakan tempat pendidikan yang tepat untuk pengembangan bakat seorang siswa. Kegiatan penggalian minat dan bakat terhadap siswa perlu dilakukan dan hasilnya sangat berguna bagi para siswa dan orangtua karena dapat membantu kelancaran proses belajar. Seperti halnya perlakuan yang serius diupayakan oleh SMA Negeri 1 Turi di Kabupaten Sleman DIY dalam memberikan pendampingan psikologi kepada para peserta didik (17/7/2019).

Salah satu upaya nyata yang telah dilakukan yaitu dengan menghadirkan Tim Psikologi dari Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta untuk memberikan layanan psikologi bagi para peserta didik. Ibu Sri Nurintyas, S.Pd., M.M., selaku Wakil kepala sekolah urusan kurikulum memfasilitasi siswa kelas X untuk mendapatkan motivasi dan menjalani tes bakat serta minat agar lebih siap menghadapi masa belajar di sekolah.

“Penting bagi siswa mendapatkan gambaran secara lengkap tentang potensi yang mereka miliki untuk menghindarkan mereka mengalami kesalahan dalam memilih bidang studi yang akan ditekuni”, demikian dijelaskan oleh Ibu Dewi Handayani H, S.Psi., M.Psi., sebagai  salah satu Tim Psikologi. Kegiatan layanan psikologi semakin meriah dengan diberikannya penyegaran berupa ice breaking sebelum dan setelah para siswa melaksanakan tes minat dan bakat yang dibimbing oleh ibu Eny Rohyati, S.Psi., M.Psi., Psikolog sebagai perwakilan Biro Psikologi UP45.

Ibu Dewi memberikan gambaran jenis-jenis profesi yang mungkin akan ditekuni oleh para peserta didik setelah mereka berhasil menyelesaikan proses belajar hingga perguruan tinggi. Setiap profesi serta pekerjaan yang akan ditekuni tentunya diharapkan sesuai dengan minat serta bakat yang dimiliki oleh para siswa. ‘’Bila kita belajar bidang ilmu yang tidak kita minati maka akan menimbulkan berbagai masalah seperti kesulitan belajar, merasa bosan, tidak termotivasi, merasa konflik dengan orangtua hingga stres yang pada akhirnya menghambat penyelesaian studi”, ungkap ibu Dewi.

Bapak Fx. Wahyu Widiantoro, S.Psi., M.A., yang juga bagian dari Tim Psikologi UP45 lebih membimbing para peserta didik agar mampu menggali serta menumbuh kembangkan minat serta bakatnya. “Minat merupakan gabungan antara keinginan, harapan, yang menggerakan kita untuk menyukai sesuatu, sedangkan bakat merupakan potensi kita yang mengarahkan untuk meraih suatu keberhasilan”, jelas Bapak Wahyu.

Para siswa mengikuti acara dengan penuh antusias yang ditunjukan dengan beragam pertanyaan, tentang bakat, jenis-jenis pekerjaan hingga bagaimana cara menghilangkan rasa bosan ketika belajar. Seperti diungkapkan oleh Velips salah seorang siswa yang menanyakan tentang apa bakat yang dimiliinya. “Saya itu pemalu, apakah saya punya bakat nglawak atau nukang?”, tanya Velips. Lain halnya dengan Jagad, siswa yang menanyakan tentang hasil tesnya, “Dari hasil tes, apa bakat saya dan cocok kerja apa?”.

Foto: Istimewa

Kegiatan pemberian motivasi dan tes bakat dan minat siswa agar lebih siap menghadapi masa belajar berlangsung lancar karena didukung penuh oleh pihak sekolah SMA Negeri 1 Turi melalui pemberitahuan kepada para siswa oleh Guru serta kakak kelas sehingga mereka siap mengikuti kegiatan tersebut. Selain itu, kerjasama yang ditunjukkan para asisten yaitu Ana dan Nico, dua mahasiswa psikologi UP45 juga turut membantu kelancaran kegiatan tersebut sehingga pemanfaatan waktu dapat berjalan dengan efisien.

Para siswa membutuhkan masukan serta bimbingan mengenai bakat yang dimiliki dan arah minat yang sesuai dengan bakat mereka. Masukan atau informasi tersebut tidak dapat disampaikan tanpa adanya layanan psikologis yang terkait dengan minat dan bakat. Bapak Imam Puspadi, S.Pd., M.Pd., selaku Kepala sekolah SMA Negeri 1 Turi,  terus berupaya memberikan yang terbaik bagi para peserta didik di sekolah yang berbasis budaya dan kewirausahaan tersebut.

Penulis:

Relisa

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here