Museum Benteng Vredeburg Mengajak Generasi Z Curhat

0
145
Sumber foto: wikipedia

Sebagai bentuk kerjasama antara Atma Jogja dengan Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogakarta dan Barahmus (Badan Musyawarah Musea). Sri Agency mewakili Atma Jogja akan menggelar event bertemakan “Album #KenanganBerjuang” untuk mengisi Bulan Suci Ramadhan kali ini. Rangkaian acara “Album #KenanganBerjuang” terdiri dari berbagai rangkaian seperti misalnya “Cerita #KenanganBerjuang” dan “Quiz #KenanganBerjuang” yang sudah dimulai sejak 16Mei 2019 melalui media sosial Instagram @museum.benteng.vredeburg.

Acara puncak dari Album #KenanganBerjuang akan diselenggarakan di Museum benteng Vredeburg Yogyakarta, pada Minggu, 26 Mei 2019 mendatang.

Album #KenanganBerjuang sendiri merupakan sebuah event yang mengajak anak muda untuk curhat atau berbagi serta mengingat kembali pengalaman dan cerita terkait perjuangan yang telah mereka hadapi dalam hidup mereka.

Foto: Sri Agency

Koordinator Sri Agency, Felix Leonardo mengatakan tema Album #KenanganBerjuang diangkat karena ia berharap dengan adanya event ini, Museum Benteng Vredeburg dapat dijadikan sebagai tempat yang tidak hanya menyimpan kenangan perjuangan pahlawan namun juga kenangan yang memiliki kedekatan emosional, relevan dengan kondisi atau kebiasaan sehari-hari serta menginspirasi bagi pengunjungnya.

Sejumlah kegiatan yang dapat ditemui di acara puncak Album #KenanganBerjuang antara lain keliling diorama, quiz, sharing bersama veteran perang, dan live music. Uniknya, pengunjung juga dapat mencari sebuah pohon yang diberi nama “Pohon #KenanganBerjuang” dengan mengikuti stiker jejak kaki yang tertempel di lantai museum. Dimana nantinya pengunjung dapat menggantungkan kertas berisi cerita-cerita perjuangan mereka di pohon tersebut.

Album #KenanganBerjuang ingin diperkenalkan kepada masyarakat luas terutama Generasi Z mengenai pentingnya mengapresiasi segala bentuk perjuangan, baik perjuangan pahlawan di masa lampau dan juga perjuangan Generasi Z di masa sekarang.

“Harapannya untuk pengunjung yang berpartisipasi di event kita, kedepannya ingin mengunjungi museum lagi dan lagi karena mereka ingat bahwa ada cerita perjuangan mereka juga disana.” Kata Felix

Sementara itu, Kepala Museum Benteng Vredeburg Suharjo menambahkan, beliau memiliki harapan untuk dapat membangun karakter dan wawasan kebangsaan anak muda terlebih generasi Z melalui event yang akan diselenggarakan nantinya.

“Mengajak berkunjung ke museum, yang tujuannya juga untuk membangun karakter dan wawasan kebangsaan anak-anak muda sekarang, karena mereka merupakan penentu bangsa di masa mendatang. “

Acara puncak “Album #KenanganBerjuang” terbuka untuk umum, pengunjung cukup membayar tiket masuk Museum Benteng Vredeburg sebesar Rp3000,-. Pengunjung yang ingin mengikuti rangkaian acara dari awal hingga akhir dapat berada di museum dari pukul 11.00 hingga 15.00 WIB.

Sampai jumpa di event “Album #KenanganBerjuang”, Sahabat Museum!

Vinny Indriani Sutriady

Mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here