BukBer Ramadhan untuk Semua

0
107
Foto: Istimewa

Buka puasa bersama sambil bersilaturrahim merupakan agenda rutin di bulan Ramadhan dalam masyarakat kita. Suasana yang mampu sejenak meredakan ketegangan psikis, karena sejenak melupakan persoalan yang dihadapi. Bersama mendengar ceramah dari seorang yang lebih berpengalaman dan banyak ilmu, sehingga memberi kecerahan dan harapan baru. Keakraban pun mewarnai temu-kangen dengan teman-teman yang jarang ditemui.

Buka puasa bersama di bulan Ramadhan telah menjadi budaya Indonesia, semua komunitas dari berbagai lapisan masyarakat mengadakan acara yang sering disebut dengan “bukber”. Seperti halnya yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Psikologi (HIMAPSI) Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta, dihadiri oleh Dosen, Mahasiswa, Alumni serta Karyawan sebagai keluarga besar Fakultas Psikologi UP45. Bukber berlangsung di Gedung Soekarno UP45 Yogyakarta pada 17 Mei 2019.

Acara dibuka dengan sambutan oleh Dra. Muslimah Zahro Romas, M.Si., selaku Dekan Fakultas Psikologi UP45. “Kegiatan yang sangat baik sekali ketika kita bisa bertemu semoga bisa mengakrabkan antara mahasiswa dengan alumni serta para dosen yang telah purna karya”, ungkap Ibu Muslimah. Ceramah disampaikan dengan luwes disertai dengan contoh kondisi dalam kehidupan sehari-hari oleh Bapak Sukirno, S.H., M.H., mengangkat tema ”Merajut Silaturahim Diantara Kita”.

Silaturrahim berarti menjalankan yang tercantum di dalam Alqur’an Surat An-Nisa, ayat 1, yang artinya: “Hai sekalian manusia, bertakwalah kepada Tuhan-mu yang telah menciptakan kamu dari diri yang satu, dan daripadanya Allah menciptakan isterinya; dan daripada keduanya Allah memperkembang biakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturrahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu”

Bapak Sukirno juga menyampaikan perintah berpuasa di Bulan Ramadhan sebagaimana disampaikan Allah SWT dalam surat Al-Baqarah ayat 183, yang artinya: “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kamu bertakwa”.  

Sejenak saling meluangkan waktu untuk buka puasa bersama sambil bersilaturrahim dan yang sangat menarik yaitu acara bukber tidak hanya dihadiri dari kalangan Muslim yang berpuasa, tetapi juga yang tidak berpuasa dan bukan Muslim. “Bukber merupakan sebuah kesempatan yang luar biasa karena kita bisa saling mendoakan dan saling berbagi perasaan”, ungkap Fx. Wahyu Widiantoro, S.Psi., M.A, selaku pembina HIMAPSI Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta.

“Suasana yang menyenangkan, dan tidak mudah dapat berkumpul bersama seperti saat ini”, ungkap Rere, salah seorang alumni. Acara bukber berjalan dengan lancar dan terasa sebagai ajang temu-kangen antar para alumni serta para dosen dan karyawan yang telah purna karya. Terlaksananya acara bukber tentu tidak terlepas dari kerjasama panitia penyelenggara. “Terima kasih atas dukungan berbagai pihak dan bimbingan para dosen sehingga acara dapat dilaksanakan sesuai harapan”, jelas Rio Wahyu Nugroho selaku ketua HIMAPSI UP45.

Penulis:

Wahyu Relisa Ningrum

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here