Pelatihan Kewirausahaan Dalam Pengolahan Batok Kelapa

0
63

Padukuhan Kepuhsari, terletak di Desa Katongan, Kecamatan Nglipar, Kabupaten Gunung Kidul memiliki potensi yang tinggi dalam sektor perkebunan. Contohnya seperti hasil kebun kelapa. Masyarakat biasanya menjual hasil kebun mereka. Namun, sayangnya kelapa-kelapa itu menghasilkan limbah kelapa seperti batok kelapa. Masyarakat padukuhan tersebut juga masih kurang mengetahui bagaimana pengolahan limbah tersebut.

Menurut Prof. Dr. MF. Shellyana Junaedi, SE., M.Si. Ketua Pusat Studi Kewirausahaan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) kepada SwaraKampus.com bahwa padukuhan tersebut perlu adanya pelatihan bagaimana pengolahan limbah batok kelapa tersebut.

foto: LPPM UAJY

Mahasiswa/i UAJY melaksanakan Kuliah Kerja Lapangan (KKN) yang dilaksanakan pada Desember 2018 yang lalu.  Mereka membuat program pelatihan kewirausahaan untuk mengatasi masalah warga setempat. Mereka memilih topik pelatihan kewiraushaan dalam pengolahan batok kelapa menjadi kerajinan tangan. Macam kerajinan tangan seperti dibuat untuk celengan, mangkuk, gelas, dan sebagainya.  Pelatihan kewirausahaan ini diharapkan dapat membantu warga untuk memanfaatkan batok kelapa, sekaligus membuka peluang usaha warga setempat.

Pelatihan ini dilaksanakan disalah satu rumah warga. Terdapat 23 warga yang menghadiri pelatihan tersebut. Warga yang menghadiri memiliki antusias dalam pelatihan kewirausahaan ini. Demikian keterangan yang disampaikan oleh, Prof. Dr. MF. Shellyana Junaedi, SE., M.Si kepada SwaraKampus.com. Ia juga mengatakan bahwa kegiatan ini juga masih terus dilaksanakan oleh UAJY. Tidak hanya di Pulau Jawa saja melainkan diluar Pulau Jawa juga, seperti Kalimantan dan lain-lain.

Anggun

Mahasiswa Sosiologi UAJY

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here