Selai Buah Naga Ganasari

0
111
Foto : LPPM UAJY

Padukuhan Ganasari merupakan padukuhan yang terletak di Desa Banjarsari, Kecamatan Kalibawang, Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Padukuhan Ganasari memiliki beberapa potensi pertanian dan perkebunan yaitu kebun buah naga, papaya, pohon kakao, dan pohon kelapa.

Cukup banyaknya potensi pertanian dan perkebunan ini merupakan suatu keuntungan bagi Padukuhan Ganasari yang perlu dimanfaatkan lebih lanjut. Menurut Dr. I Putu Sugiartha Sanjaya, SE., M.Si., Ak. CA. (Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat UAJY) kepada SwaraKampus.com menyatakan bahwa salah satu bentuk pemanfaatan hasil pertanian dan perkebunan tersebut adalah dengan mengolahnya menjadi produk yang bernilai ekonomis. Dengan pengolahan hasil pertanian dan perkebunan tersebut maka dapat membantu warga untuk mengembangkan kreativitas masyarakat dan membuka sumber pendapatan tambahan warga.

Foto : LPPM UAJY

Dengan itu, pada tahun 2016, Yosef Daryanto, S.T., M.Sc. bersama dengan 9 mahasiswa/i KKN 69 UAJY melakukan program kerja kewirausahaan di Padukuhan Ganasari. Program kerja ini berupa kegiatan pengolahan buah naga yang merupakan salah satu potensi dari Padukuhan Ganasari menjadi selai buah naga. Kegiatan ini berupa pelatihan pembuatan selai buah naga kepada warga yang meliputi proses produksi dan pemasaran.

Kegiatan kewirausahaan pembuatan selai buah naga ini diharapkan dapat mendorong peningkatan ekonomi keluarga, ekonomi kreatif dan yang berbasis keunggulan lokal. Diharapkan juga selai buah naga ini dapat menjadi khas usaha dari Padukuhan Ganasari. Demikian yang disampaikan oleh Dr. I Putu Sugiartha Sanjaya, SE., M.Si., Ak. CA. kepada SwaraKampus.com.

Cibun

Mahasiswi Sosiologi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here