Pengolahan Emping Jagung di Padukuhan Dukuh

0
124
Foto : LPPM UAJY

Padukuhan Dukuh terletak di Desa Banjarsari, Kecamatan Kalibawamg, Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Terletak di perbukitan menoreh dengan ketinggian ± 750 mdpl dengan suhu rata-rata 25-33oC menjadikan Padukuhan Dukuh sebagai daerah yang cocok untuk kegiatan bertani dan berkebun. Oleh sebab itu sebagian besar penggunaan lahan di Padukuhan Dukuh adalah untuk pertanian dan perkebunan.

Salah satu hasil perkebunan yang ada di Padukuhan Dukuh adalah jagung. Menurut Th. Diah Widiastuti, SE., M.Si. (Sekretaris Pusat Studi Kewirausahaan LPPM UAJY) kepada SwaraKampus.com, jagung yang dijual oleh warga Padukuhan Dukuh masih memiliki nilai jual yang cukup rendah sehingga dibutuhkan inovasi pengolahan terhadap hasil perkebunan jagung tersebut agar dapat menaikkan nilai jualnya. Selain itu diperlukan juga strategi pemasaran yang baik dan efektif untuk meningkatkan daya beli orang-orang terhadap hasil olahan perkebunan jagung ini.

Foto : LPPM UAJY

Melalui pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh Dosen Pembimbing Lapangan, Yosef Daryanto, ST.,M.Sc. bersama 9 mahasiswa/i KKN angkatan 69 UAJY pada tahun 2016 maka dilakukanlah analisis untuk memahami potensi hasil perkebunan jagung yang ada dan proses pengolahan jagung yang memiliki nilai jual lebih tinggi. Kemudian mereka membantu memberikan pelatihan kepada warga Padukuhan Dukuh agar dapat mengolah produk jagung tersebut menjadi emping jagung dan cara pemasaran yang baik.

Kegiatan sosialisasi pengolahan jagung menjadi emping ini berjalan dengan lancar. Diharapkan kedepannya pembuatan emping jagung ini dapat berkelanjutan dan dapat mendorong perekonomian warga Padukuhan Dukuh. Demikian keterangan Th. Diah Widiastuti, SE., M.Si kepada SwaraKampus.com.

Cibun

Mahasiswi Sosiologi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here