Padukuhan Pule Ngelo memproduksi Brownies Singkong

0
76
Foto : LPPM UAJY

Singkong merupakan bahan baku pengganti nasi yang sangat diminati banyak orang. Bukan hanya enak, gizi yang terkandung di dalamnya juga sangat bermanfaat bagi tubuh manusia. Padukuhan Pule Ngelo, Desa Sidoarjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta, salah satu daerah yang mempotensi dalam produksi singkong. Namun, masyarakat Padukuhan Pule Ngelo kurang memanfaatkan potensi singkong secara optimal karena keterbatasan pengetahuan dalam berinovasi produk bahan baku.

Menurut Th. Diah Widiastuti, SE., M.Si., Sekretaris Pusat Studi Kewirausahaan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) kepada SwaraKampus.com bahwa Padukuhan Pule Ngelo memiliki potensi dalam berinovasi produk singkong menjadi bahan baku yang lebih menarik pelanggan.

Anugrah Kusumo Pamosoaji, ST., MT., dosen UAJY bersama dengan mahasiswa/i angkatan 69 melakukan pengabdian masyarakat. Pengabdian tersebut dilaksanakan pada Juli 2016 yang lalu. Mereka berusaha untuk membantu masyarakat Padukuhan Pule Ngelo dalam mengatasi masalah perekonomian penduduk dengan melakukan program pelatihan kewirausahaan dalam pengolahan singkong menjadi brownies singkong.

Foto : LPPM UAJY

Pelatihan Kewirausahaan itu dilakukan di balai dusun Padukuhan Pule Ngelo yang dihadiri ibu-ibu PKK. Pelatihan diawali dengan pemberian materi oleh mahasiswa/i tentang bagaimana cara pembuatan singkong yang baik dan benar. Setelah itu mereka memberi tahu bagaimana cara pengemasan prosuk brownies singkong ini menjadi suatu produk yang lebih bernilai.

Pelaksanaan pelatihan dilakukan dengan baik sesuai rencana para mahasiswa/i walaupun terdapat kendala saat pembagian bahan baku yang kurang merata dalam pengolahan brownies singkong karena yang disediakan hanya 3 loyang. Hal itu tidak mengurangi rasa antusias Ibu-Ibu PKK karena mereka merasa puas karena mendapatkan pengetahuan baru tentang cara pembuatan dan pengemasan brownies singkong.

Demikian keterangan yang disampaikan Th. Diah Widiastuti, SE., M.Si. kepada Swarakampus.com. Beliau juga menyampaikan bahwa kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan oleh UAJY ini masih terus dilaksanakan hingga saat ini dan perlunya pengembangan pengolahan dengan memakai pengembangan teknologi saat ini oleh kegiatan KKN selanjutnya.

Cibun

Mahasiswi Sosiologi UAJY

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here