Kreasi Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata UAJY – Pembuatan Pot dari Batok Kelapa

0
392

Menurut hasil survei di Padukuhan Dungsuru, ditemukan banyaknya pohon kelapa. Warga Padukuhan Dungsuru memanfaatkan pohon kelapa tersebut dengan memunculkan peluang wirausaha berupa pembuatan santan kelapa. Namun sayangnya hanya isinya saja yang dimanfaatkan, sedangkan limbah kelapanya dibuang begitu saja.

foto: LPPM UAJY

Maka melihat permasalahan tersebut, mahasiswa KKN UAJY kelompok 42 ingin mengembangkan potensi dari limbah kelapa yang telah dibuang. Pada awalnya mereka mengadakan sosialisasi (21/12/18) yang menjelaskan bahwa pemanfaatan kelapa tidak hanya dari isinya saja.

Selanjutnya, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata yang dibimbing Bapak Dr. E. Sundari, S.H., M.Hum memberikan pelatihan kepada kelompok ibu-ibu PKK berupa pengolahan limbah dari kelapa. Limbah dari kelapa yang berupa batok kelapa ini dikembangkan dan dikreasikan menjadi pot bunga yang dapat dihias sesuai dengan selera. Pot bunga ini dapat ditanami berbagai macam tumbuhan yang bermanfaat.

foto: LPPM UAJY

Pembuatan pot dari batok kelapa ini menyasar ibu-ibu PKK terutama ibu-ibu rumah tangga yang tidak bekerja. Kegiatan ini mendapat tanggapan yang positif dari warga Padukuhan Dungsuru. Hal ini dikarenakan pembuatan pot ini dapat mengisi waktu luang ibu-ibu rumah tangga. Selain itu, pembuatan yang mudah serta biaya produksi yang terjangkau juga membuat warga senang untuk terlibat dalam kegiatan ini.

Di samping itu, nilai ekonomi yang tinggi pada pot dari limbah kelapa ini juga menambah semangat warga Padukuhan Dungsuru dalam keterlibatan mereka. Karena setelah pembuatan pot bunga dari kelapa ini, warga bisa memperjualbelikannya sehingga memberikan keuntungan lebih bagi warga Padukuhan Dungsuru. Hal ini seperti diungkapkan Prof. Dr. MF. Shellyana Junaedi, SE., M.Si. selaku Ketua Pusat Studi Kewirausahaan LPPM UAJY kepada SwaraKampus.com. (eci)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here