Pembuatan Tempat Pensil Dengan Pelepah Pisang

0
263

Batang pisang yang biasa disebut sebagai pelepah pisang tidak memiliki manfaat bagi warga di Padukuhan Tangkisan II, Desa Hargomulyo, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, karena hanya dibiarkan membusuk saat buah pisang sudah dipanen. Oleh sebab itu, diberikan pembimbingan kewirausahaan dengan mengolah hasil perkebunan meliputi cara pengolahan hasil perkebunan, pengemasan, penentuan harga jual, hingga pemasaran produk.      

Menurut Ir. V. Yenny Endang Sulistyowati, MT. kepada SwaraKampus.com melalui program kerja yang dilakukan oleh dosen pembimbing lapangan Sushardjanti Felasari, ST., M. Sc.CAED., P.hD. dan mahasiswa KKN UAJY angkatan 72, warga diajak untuk mengolah pelepah pisang menjadi sebuah produk sederhana yaitu tempat pensil dan memanfaatkan bahan-bahan yang mudah ditemukan disekitar rumah misalnya biji-bijian dan daun kering sebagai hiasan. Selain itu membuat kemasan yang menarik dan baik, kemudian warga diajarkan untuk menetapkan harga jual produk tersebut, dan kelompok juga memberikan contoh cara pemasaran produk.

            Warga memberikan respon yang baik karena cara pembuatan tempat pensil dari pelepah pisang tersebut begitu sederhana. Secara berkala, warga mengalami perkembangan untuk berwirausaha. Warga yang ikut pelatihan pelaksanaan merasakan manfaat pelatihan. Sampai saat ini masih dapat dilaksanakan kegiatan pembuatan tempat pensil dari pelepah pisang untuk meningkatkan nilai jual. Demikian keterangan yang disampaikan Menurut Ir. V. Yenny Endang Sulistyowati, MT. kepada SwaraKampus.com

Mega

Jurusan Sosiologi UAJY ff

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here