Pemanfaatan Sekam Padi menjadi Pewarna Dawet Alami

0
98

Padukuhan Bendo terletak di Desa Beji, Kecamatan Ngawen, Kabupaten Gunung Kidul memiliki berbagai macam potensi Sumber Daya Alam, salah satunya yaitu padi. Mereka juga memiliki perkumpulan para petani atau kelompok tani. Kelompok tani Padukuhan Bendo kurang memanfaatkan limbah pertanian, terutama sekam padi. Mereka belum mengerti bagaimana cara pemanfaatan sekam padi.

Prof. Dr. MF. Shellyana Junaedi, SE., M.Si. Ketua Pusat Studi Kewirausahaan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) mengatakan kepada SwaraKampus.com bahwa perlu adanya penyuluhan tetang bagaimana memanfaatkan sekam padi.

Putri Nastiti, S.Kom., M.Eng. Dosen UAJY bersama dengan mahasiswa/i nya melakukan penyuluhan tentang pengolahan sekam padi. Selain melakukan penyuluhan tersebut mereka juga melakukan pelatihan kewirausahaan.

Tujuan dari pelaksanaan tersebut yaitu untuk membantu masyarakat setempat agar dapat mengolah limbah padi yaitu sekam padi. Sekaligus membuka peluang usaha warga padukuhan tersebut dengan memanfaatkan sekam padi.

foto: LPPM UAJY

Program kewirausahaan ini, kelompok memanfaatkan sekam padi tersebut sebagai pewarna dawet alami dengan cara dibakar. Dalam pelaksanaannya, kelompok melakukan kegiatan masak dawet bersama dengan kelompok PKK sambil menjelaskan langkah kerja membuat dawet dari sekam yang telah dibakar hingga menjadi minuman dawet yang lezat. Ibu PKK sangat antusias terhadap kegiatan ini hingga mencoba sendiri membakar dan memasak dawet hingga jadi dan diminum bersama.

Program ini menjadi program rutin yang dilaksanakan oleh UAJY. Mereka melaksanakan program tersebut dua kali dalam satu tahun. Pelaksanaan program tersebut tidak hanya dilakukan di Padukuhan Bendo saja melainkan di Kabupaten Gunung kidul yang lain. Demikian keterangan yang disampaikan oleh, Prof. Dr. MF. Shellyana Junaedi, SE., M.Si. kepada SwaraKampus.com.

Anggun

Mahasiswi Sosiologi UAJY

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here