Pemanfaatan Pelepah Pisang Menjadi Tempat Pensil

0
85

Kegiatan pemanfaatan pelepah pisang menjadi tempat pensil di Padukuhan Sidi,Desa Giripurwo,Grimulyo,Kulon Progo diharapkan dapat membantu masyarakat dalam memanfaatkan sumber daya alam sekitarnya menjadi suatu hal yang berguna dan memiliki nilai ekonomis. Dalam Transfer ilmu di kampus menekankan kepada setiap mahasiswa untuk selalu kreatif dalam memanfaatkan segala sesuatu yang dapat dimanfaatkan dan karena alasan inilah saya tergerak untuk melakukan pemanfaatan pelepah pisang menjadi kotak pensil.

Menurut Prof. Dr. MF.Shellyana Junaedi, SE., M.Si. kepada SwaraKampus.com pengabdian masyarakat melalui program kerja yang dilakukan oleh Dosen Pembimbing Lapangan Maria Hutapea, SH., M.Hum dan Mahasiswa KKN UAJY angkatan 72 dengan diadakannya kegiatan ini adalah untuk meningkatkan produktifitas warga Pedukuhan Sidi. Sasaran dari kegiatan ini yaitu ibu-ibu di wilayah Padukuhan Sidi.

Dalam pelakasanaan kegiatan ini terdiri dari 5 tahapan yaitu sosialisasi, penyuluhan dan pelatihan, produksi, pengemasan, dan evaluasi. Sosialisasi diadakan pada tanggal 21 Desember 2017, penyuluhan dan pelatihan diadakan pada tanggal 07 Januari 2018, produksi pada tanggal 07 Januari 2018, pengemasan pada tanggal 07 Januari 2018, dan evaluasi pada tanggal 07 Januari 2018. Kegiatan diadakan di balai Pedukuhan Sidi. Pada tahap sosialisasi di sosialisasikan tentang pemanfaatan pelepah pisang menjadi kotak pensil, pada tahap penyuluhan dan pelatihan dilakukan penyampaian materi dan praktek pemanfaatannya, pada tahap produksi dilakukan produksi kotak pensil dari pelepah pisang secara masal, pada tahap pengemasan dilakukan pengemasan agar produk menarik, pada tahap evaluasi dilakukan pencarian kekurangan dan kelebihan dari proker yang sudah berjalan

Warga masyarakat Pedukuhan Sidi sangat senang dan antusias dengan adanya pemanfaatan pelepah pisang menjadi kotak pensil. Menurut Dr. I Putu Sugiartha Sanjaya, SE., M.Si., Ak.CA warga menyambut baik kegiatan ini karena memiliki produk unggulan khas Pedukuhan Sidi.

Mega

Jurusan Sosiologi UAJY

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here