Pengolahan Hasil Kebun Berupa Selai Nanas Lokal Khas Keji

0
286

Menurut Thomas Adi Purnomo Sidhi, ST. MT. kepada SwaraKampus.com berdasarkan survey dan live in yang dilakukan dosen pembimbing lapangan Y. Kunharibowo, S.Sos., MA dan mahasiswa KKN UAJY angkatan 72 pada bulan Oktober 2017,  di Padukuhan Keji, Desa Hargotirto, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, memiliki buah nanas lokal yang harga jualnya rendah, yaitu Rp. 1.000/buah. Hal ini dikarenakan rasa dari buah nanas lokal ini masam sehingga kurang laku di pasaran.

Warga cenderung tidak tertarik untuk mengolah dan menjual langsung buah nanas lokal tersebut. Melihat peluang yang terdapat di lokasi KKN ini dilakukan pengolahan nanas tersebut menjadi selai nanas. Selain prosesnya yang cepat, sederhana dan tidak membutuhkan peralatan yang khusus, pembuatan selai nanas memiliki harga jual yang lebih tinggi dibanding buah nanas yang dijual langsung.

Penyuluhan dan pelatihan pembuatan selai nanas local khas keji dilakukan pada tanggal 8 Januari 2018 pukul 14.30 WIB, yang bertepatan dengan pertemuan rutin Ibu-ibu PKK Padukuhan Keji. Resep Seli nanas dibagikan kepada peserta dalam bentuk print out yang kemudian dilanjutkan dengan praktik dan produksi selai nanas. Ibu-ibu PKK bersama dengan peserta KKN mempraktikan cara pembuatan selai nanas dari bahan mentah hingga menjadi selai yang siap untuk disajikan, dikemas, dan dipasarkan.

Hasil program kerja kelompok dalam bidang kewirausahaan berupa pengolahan selai nanas lokal Keji mendapat respon yang baik dari warga Padukuhan Keji. Hal ini ditunjukkan dengan antusiasme partisipan dan penilaian yang baik untuk rasa dari produk yang dihasilkan. Program kerja ini akan terus dilanjutkan oleh partisipan karena proses pelaksanaannya yang mudah,cepat, dan sederhana. Demikian keterangan yang diberikan Thomas Adi Purnomo Sidhi, ST. MT. kepada SwaraKampus.com.

Mega

Jurusan Sosiologi UAJY

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here