Pengabdian Masyarakat KKN 70 UAJY Pembuatan Stick Singkong Di Sanglor II

0
29
Foto : LPPM UAJY

Program ini dilatar belakangi oleh diskusi kelompok mahasiswa/i KKN 70 UAJY dengan warga Padukuhan, Sanglor II, Desa Girisuko, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta bahwa mereka memiliki potensi pertanian yaitu singkong, karena banyak sekali ditemukan tanaman singkong.

Menurut Thomas Adi Purnomo Sidhi, ST. MT. (Sekretaris Pusat Studi Energi) kepada SwaraKampus.com sumber daya manusia saat ini harus memiliki kemampuan yang kreatif, inovatif, dinamis, dan proaktif terhadap tantangan yang ada.

Oleh karena itu, mahasiswa/i KKN 70 UAJY yang didampingi Stefanus Nindito S.Sos, M.Si (Dosen Sosiologi FISIP UAJY) di tahun 2016 memiliki ide untuk memanfaatkan tanaman singkong sebagai bahan utama pengolahan makanan ringan yaitu menjadi stick singkong.. Dengan harapan dapat bermanfaat bagi warga untuk dapat mengembangkan potensi pertanian yang dimiliki menjadi produk yang berkualitas dan memiliki nilai ekonomis sehingga pendapatan warga bertambah.

foto : LPPM UAJY

Pelaksanaan yang mereka lakukan mempresentasikan sedikit materi tentang tanaman singkong, mafaat dan potensi yang dapat dikembangkan produk makanan ringan menarik. Selanjutnya mengajak para warga yang hadir untuk praktik langsung membuat singkong secara langsung sambil sesi tanya jawab dan diskusi dengan warga Padukuhan Sanglor II.

Hasil pelatihan yang dilakukan terhadap program kerja ini bahwa warga sangat antusias untuk melanjutkan proses pelatihan yang mahasiswa/i KKN lakukan dengan mengolah stanaman singkong tersebut untuk dijual di pasar. Program kerja ini telah dilaksankan sesuai sasaran dan tujuan kegiatan yang ditetapkan. Demikian penjelasan dari Thomas Adi Purnomo Sidhi, ST. MT. kepada SwaraKampus.com.

Cibun

Mahasiswi Sosiologi UAJY

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here