Pembuatan Puding Dan Sweet Corn Padukuhan Klepu Bersama Mahasiswa KKN 70 UAJY

0
26
Foto : LPPM UAJY

Setiap daerah memiliki hasil alam yang berbeda-beda sesuai dengan kondisi lingkungannya. Hasil alam yang berbeda disetiap daerah inilah yang dapat di manfaatkan menjadi keunggulan atau ciri khas daerah jika memilki strategi pengolahan serta pemasaran yang tepat.

Terutama di Pedukuhan Klepu, Desa Planjan, Kecamatan Saptosari, Kabupaten GunungKidul dimana hasil pertanian berupa jagung yang bisa menjadi produk pangan yang menarik dari hasil inovasi baru, yaitu Puding dan Sweet Corn

Bagi Yustina Niken Sharaningtyas, SH., MH. (Ketua Pusat HKI) kepada SwaraKampus.com menyatakan program kerja yang telah dilakukan Dr Hyronimus Rhiti S.H., Ll.M bersama 11 mahasiswa KKN 70 UAJY pada tahun 2016 lalu mengenai pelatihan pembuatan Puding dan Sweet Corn memiliki peranan penting untuk menjadikan masyarakat lebih kreatif dan mandiri sehingga dapat menciptakan barang nilai tinggi dan penting untuk kesejahteraan masyarakat. Maka dengan itu kegiatan program kerja dalam bidang kewirausahaan tetap berlanjut hingga saat ini.

Foto : LPPM UAJY

Dalam pelaksanaan program kerja kewirausahaan dilakukan bersama warga di posko KKN Klepu pada tanggal 11 November 2016 memberikan pengetahuan melalui sosialisasi mengenai cara pembuatan puding jagung dan sweet corn, serta pengemasan dan pemasaran yang tepat, juga bahan dan alat yang dibutuhkan sudah disiapkan oleh peserta KKN.

Foto : LPPM UAJY

Setelah sosialisasi, kegiatan demo masak puding jagung dan sweet corn dilakukan pada tanggal 12 Januari 2017, diawali dengan doa pembuka dan sambutan dari pak dukuh, dan sambutan dari ketua kelompok KKN. Kemudian masuk kepada inti acara yaitu praktek pembuatan produk tersebut dihalaman rumah pak dukuh.

Seluruh ibu-ibu PKK warga Klepu yang hadir sangat antusias menanggapi langkah-langkah membuat produknya, serta kemasan yang ditunjukan. Demikian keterangan dari Yustina Niken Sharaningtyas, SH., MH. Kepada SwaraKampus.com.

Cibun

Mahasiswi Sosiologi UAJY

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here