Pembuatan Colabi (Coklat Bola Ubi) di Padukuhan Pringombo

0
284

Padukuhan Pringombo merupakan daerah yang memiliki potensi Sumber Daya Alam (SDA). Salah satu padukuhan yang terletak di Desa Natah, Kecamatan Nglipar, Kabupaten Gunung Kidul. Umumnya, warga langsung menjual ubi tersebut tanpa diolah terlebih dahulu. Hal ini menyebabkan harga ubi menjadi rendah dan menghasilkan keuntungan yang rendah pula.

            Padukuhan tersebut perlu mendapatkan pelatihan tentang bagaimana cara pengolahan ubi menjadi suatu produk yang dapat dipasarkan. Hal ini disampaikan oleh, Dr. I Putu S. Sanjaya, SE., M.Si., Ak.CA Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Atma Jaya Yogyakarta kepada SwaraKampus.com.

            Untuk mengatasi maslah tersebut UAJY melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di padukuhan tersebut. Kegiatan tersebut dilaksankan pada Desember 2018 yang lalu. Salah satu Dosen Pembimbing Lapangan yaitu  St. Nindito, S. Sos., M.Si.

St. Nindito, S. Sos., M.Si bersama mahasiswa/i nya KKN melakukan program penyuluhan kewiraushaan. Tujuan penyuluhan ini yaitu agar masyarakat setempat dapat mengetahui bagaimana cara pengolahan ubi unggu menjadi suatu produk baru yang dapat dipasrakan. Penyuluhan tersebut mengambil topik tentang bagaimana cara pengolahan ubi unggu menjadi bola-bola ubi yang bersisi coklat (colabi).

foto: LPPM UAJY

            Penyuluhan ini dilaksanakan pada 3 Januari 2019 yang lalu di Posko KKN dengan dihadiri oleh 15 warga. Kegiatan ini dilakukan dengan memberikan materi bagaimana pengolahan ubi menjadi bola ubi. Kemudian dilanjutkan dengan praktek pembuatan coklat bola ubi tersebut.

            Tidak hanya, diajarkan bagaimana pengolahan ubi saja warga juga diajarkan bagaimana cara pengemasannya suapaya dapat dipasrkan. Pada 5 Januari 2019 yang lalu mereka memasarkan colabi tersebut di Padukuhan Pringombo.

foto: LPPM UAJY

            Kegiatan penyuluhan dan pelatihan kewiraushaan yang dilakukan oleh mahasiswa/i UAJY masih terus berlangsung hingga saat ini. kegiatan ini juga tidak hanya dilakukan di Padukuhan Pringombo melainkan di padukuhan-padukuhan lainnya yang ada di Kabupaten Gunung Kidul. Demikian yang disampaikan oleh Dr. I Putu S. Sanjaya, SE., M.Si., Ak.CA kepada SwaraKampus.com.

Anggun

Mahasiswa Sosiologi UAJY

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here