Kerajinan Lampu Hias dari Bambu di Padukuhan Pringombo

0
348

Bambu merupakan bahan material yang mudah didapatkan di Padukuhan Pringombo yang terletak di Desa Natah, Kecamatan Nglipar, Kabupaten Gunung Kidul. Namun, pengolahan dan pemakaiannya belum begitu dioptimalkan. Padahal bambu memiliki potensi untuk diolah menjadi kerajinan tangan yang dapat membantu perekonomian masyarakat Padukuhan Pringombo.

Ir. V. Yenny Endang Sulistyowati, MT. Ketua Pusat Studi Energi Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universita Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) mengatakan kepada SwaraKampus.com bahwa perlu adanya pelatihan untuk mengoptimalkan pemanfaatan bambu-bambu yang ada di padukuhan tersebut.

foto: LPPM UAJY

St. Nindito, S.Sos., M.Si Dosen UAJY bersama dengan mahasiswa/i nya melakukan pengabdian masyarakat di padukuhan tersebut. Pengabdian masyarakat dilaksanakan pada Desember 2018 yang lalu. Mereka membuat program palatihan kewirausahaan kerajinan dari bambu.

Program ini bertujuan agar masyarakat dapat mengoptimalkan pemanfaatan bambu-bambu yang ada di daerahnya. Sehingga penghasilan mereka akan bertambah lewat kerajinan yang dihasilkan dari pengolahan bambu tersebut.

foto: LPPM UAJY

            Kerajinan yang dipilih untuk dilakukan kegiatan tersebut, yaitu lampu hias dari bambu. Program tersebut dilaksanakan pada 4 Januari 2019 yang lalu. Program tersebut dilaksanakan di rumah warga setempat. Kegiatan tersebut dilaksanakan dengan adanya pemberian materi dan demonstrasi pembuatan oleh mahasiswa/i. Kegiatan ini disambut dengan baik dan antusias oleh warga dan dapat berlangsung dengan lancar.

            Pengabdian masyarakat tersebut menjadi kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh UAJY hingga saat ini. Program ini dilaksanakan dibeberapa daerah yang ada di Kabupaten Gunung Kidul, tidak hanya di Padukuhan Pringombo. Demikian yang keterangan yang disampaikan oleh, Ir. V. Yenny Endang Sulistyowati, MT kepada SwaraKampus.com.

Anggun

Mahasiswa Sosiologi UAJY

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here