Antusias Warga Pembuatan Tepung Mocaf Oleh Mahasiswa KKN 70 UAJY

0
51
foto : LPPM UAJY

Berbagai potensi pertanian yang dapat dimanfaatkan di Padukuhan Klumpit, Kelurahan Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunung Kidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta antara lain seperti jagung, padi, dan singkong. Namun dari hasil pertanian tersebut hampir seluruh masyarakat disana belum mampu memanfaatkan dan mengembangkan menjadi produk yang mempunyai nilai jual tinggi.

            Menurut A. Hartono (Kabag. Administrasi dan Keuangan UAJY) kepada SwaraKampus.com sosialisasi kewirausahaan pada masyarakat di masing-masing padukuhan perlu dilakukan hingga saat ini, untuk menciptakan dan menyediakan produk yang bernilai tambah atau inovasi-inovasi yang baru sehingga dapat menjadikan masyarakat lebih kreatif dalam menyampaikan ide-ide dan kreasinya.

Drs. Ign Agus Wantara., M.Si. (Dosen Pembimbing Lapangan) dengan mahasiswa/i KKN 70 UAJY melakukan pengabdian masyarakat di Padukuhan Klumpit pada tahun 2016 membuat program kerja pemanfaatkan hasil bahan baku singkong menjadi Tepung Mocaf.

foto : LPPM UAJY

Dengan program tersebut mendapatkan sambutan yang antusias dari warga khususnya ibu-ibu RT 08, karena mereka mendapat pengetahuan bahwa selain singkong menjadi makanan khas pedesaan juga dapat diolah suatu produk yang menarik seperti tepung. Mahasiswa/i KKN 70 memberikan metode-metode dalam memasarkan produk tepung supaya dapat menarik pasar dan proses pengemasan produk dan desain stiker yang baik dan benar.

Namun, dari pelatihan tersebut terdapat kendala seperti dalam menggunakan alat yang disediakan kelompok masih merasa kesulitan karena beberapa peserta yang ikut, sebelumnya tidak pernah menggunakannya. Disamping itu, mahasiswa/i KKN merasa puas karena masyarakat yang hadir memahami terhadap materi dan mampu menerima usulan yang diberikan. Demikian keterangan dari A. Hartono.

Cibun

Mahasisiwi Sosiologi UAJY

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here