Pembuatan Inovasi Produk Pangan Cake Kukus Pisang Coklat Keju Di Padukuhan Karang Gunung

0
31
Foto : LPPM UAJY

Warga di Padukuhan Karang Gunung, Desa Krambil Sawit, Kecamatan Saptosari Kabupaten Gunung Kidul mayoritas berprofesi bertani atau berkebun. Hasil pertanian atau perkebunan sangat beragam salah satunya adalah pisang. Warga biasanya hanya menjual hasil pertanian atau perkebunan tersebut, ataupun hanya dikonsumsi sendiri. Contohnya Jantung pisang yang pada biasanya hanya diolah menjadi sayur.

Menurut Prof. Dr. MF. Shellyana Junaedi, SE., M.Si. (Ketua Pusat Studi Kewirausahaan) jika seseorang mempunyai kewirausahaan maka ia akan memiliki keinginan dan motivasi untuk bisa mengembangkannya dan merubahnya menjadi lebih baik lagi. Walaupun prosesnya lama mereka tentunya mempunyai keinginan untuk merubah atau mengembangkan bisnisnya untuk lebih maju.

Dari permasalahan tersebut Drs. Ign Agus Wantara., M.Si selaku Dosen Pembimbing Lapangan dan bersama 11 Mahasiswa/i KKN Angakatan 70 UAJY pada tahun 2016 di Padukuhan Karang Gunung mengupayakan dengan inovasi baru dari bahan pisang menjadi produk pangan Cake, sehingga bisa dikembangkan menjadi usaha kue pisang.

Foto : LPPM UAJY

Pelaksanaan kegiatan ini dilaksanakan pada hari Kamis, 29 Desember 2016 pukul 09.00-13.30 WIB bertempat di Balai Pedukuhan. Acara tersebut berlangsung cukup lama karena penyuluhan dilakukan sekaligus dengan pelatihan cake pisang kukus pisang coklat keju. Dari segala bahan-bahan dan alat masak telah disediakan langsung oleh kelompok. Kue tersebut hanya diolah dan dicicipi oleh ibu-ibu Padukuhan Karang Gunung.

Namun, cake pisang tidak bisa dijadikan sampel untuk dikemas karena keterbatasan bahan baku. Tetapi karena bahan-bahan ini sangat mudah dicari, ibu-ibu bisa langsung mempratikkanya dirumah mereka masing-masing karena proses pembuatannya mudah dipahami.

Dari hasil keseluruhan pelaksanaan pembuatan kue ini berjalan dengan lancar dan tentunya mendapat support secara langsung dari warga. Hal tersebut bisa dilihat kepada ibu-ibu Padukuhan Karang Gunung yang antusias dalam mengikuti mengolah cake kukus pisang coklat keju dan ibu-ibu menyukai cake tersebut. Demikian dari Prof. Dr. MF. Shellyana Junaedi, SE., M.Si. kepada SwaraKampus.com.

Cibun

Mahasiswi Sosiologi UAJY

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here