Peningkatan Kewirausahaan Jamur Crispy

0
86

Padukuhan Randusari, yang terletak di Desa Watusigar, Kecamatan Ngawen, Kabupaten Gunung Kidul merupakan salah satu desa yang memiliki potensi pengembangan usaha. Adapun usaha yang ada di pedukuhan tersebut seperti budidaya jamur. Namun, biasanya warga hanya menjual hasil panen jamur mereka secara langsung tanpa diolah menjadi produk baru.

Drs. A. Wibowo Nugroho Jati, MS Wakil Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Atma Jaya yogyakarta (UAJY) mengatakan kepada SwaraKampus.com bahwa daerah tersebut membutuhkan pelatihan kewirausahaan. Pelatihan ini tentang bagaimana mengolah jamur menjadi suatu produk baru yang dapat dipasarkan. Sehingga  hasil yang diharapkan adalah dapat meningkatkan  penghasilan masyarakat daerah tersebut.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Woro Wiratsih, S.Pd., MA. sebagai Dosen Pembimbing Lapangan bersama dengan 8 orang mahasiswa/i  UAJY melakukan pengabdian masyarakat di Padukuhan Randusari. Selain itu mereka juga memberikan pelatihan kewirausahaan kepada masyarakat.

Pelaksanaan penyuluhan program tersebut dilakukan pada tanggal 4 Januari 2019 yang lalu di rumah Kepala Padukuhan Randusari. Warga memiliki antusias dan ketertarikan terhadap pelatihan pembuatan makanan dari jamur sehingga menjadi awal yang baik untuk menanamkan bidang baru dalam berkewirausahaan di Padukuhan Randusari.

Kreatifitas dalam pengolahan kacang tanah dan jamur sebagai bekal untuk menjalankan sebuah usaha atau bisnis sehingga dapat meningkatkan keadaan ekonomi rumah tangga yang lebih baik dan juga memenuhi kebutuhan hidup sendiri dengan memanfaatkan potensi yang dimiliki.

Program pengabdiaan masyarakat yang dilakukan oleh UAJY ini, masih tetap berjalan hingga saat ini. Demikian yang disampaikan oleh, Drs. A. Wibowo Nugroho Jati, MS. kepada SwaraKampus.com.

Anggun

Mahasiswi Sosiologi UAJY

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here