Pembuatan Pastel dari Jagung di Padukuhan Kepek

0
29

Padukuhan Kepek yang terletak di Desa Watusigar, Kecamatan Ngawen, Kabupaten Gunung Kidul memiliki sumber daya alam yang melimpah terutama yang berada di sektor pertanian. Salah satu hasil petanian daerah tersebut yaitu jagung. Biasanya masyarakat setempat langsung menjual hasil panen mereka tanpa diolah terlebih dahulu.

Menurut Prof. Dr. MF. Shellyana Junaedi, SE., M.Si. Ketua Pusat Studi Kewirausahaan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) kepada SwaraKampus.com. Bahwa hal tersebut sangat disayangkan, karena jagung dapat diolah menjadi produk yang memiliki nilai jual dipasaran. Ini disebabkan oleh masyarakat padukuhan tersebut kurang memiliki kreativitas dalam pengolahan jagung. Sehingga mereka menjual hasil panenya secara langsung.

Untuk mengatasi masalah tersebut G. Aryadi, S.H, M.H yang merupakan Dosen Lapangan bersama dengan dengan 9 mahasiswa/i melakukan pengabdia masyarakat di Padukuhan Kepek. Pengabdian itu dilaksanakan pada Desember 2018 yang lalu. Salah satu program pengabdian masyarakat mereka yaitu pelatihan kewirausahaan.

foto

 Tujuan pelatihan kewirausahaan ini yaitu untuk memberi tau masyarakat bahwa hasil panen dapat diolah menjadi produk baru. Untuk itu mereka memberikan pelatihan kewirausahaan dalam pengolahan jagung menjadi pastel jagung.

            Pelatihan ini dilakukan disalah satu rumah warga. Mereka mengajari ibu-ibu untuk membuat kulit pastel dengan resep yang berbeda dari yang sudah mereka pelajari. Dari semua rangkaian acara yang dilakukan dalam program pelatihan kewiraushaan tersebut, para ibu-ibu terlihat antusias untuk mempelajari resep baru. Program pengabdian masyarakat ini masih terus berjalan hingga saat ini di beberpa daerah yang ada di Kabupaten Gunung Kidul. Demikian yang disampaikan oleh, Prof. Dr. MF. Shellyana Junaedi, SE., M.Si kepada SwaraKampus.com.

Anggun

Mahasiswi Sosiologi UAJY

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here