Peluang Kewirausahaan Keripik Singkong Aneka Rasa di Padukuhan Dungmas

0
40

Hasil pertanian singkong di Padukuhan Dungmas,  yang terletak di Desa Watusigar, Kecamatan Ngawen, Kabupaten Gunung Kidul sangatlah berlipah. Sayangnya, petani di sana tidak pernah mengolah hasil panen mereka. Hasil panen mereka biasanya langsung mereka jual tanpa diolah menjadi suatu produk terlebih dahulu.

foto: LPPM UAJY

            Ir. V. Yenny Endang Sulistyowati, MT. Ketua Pusat Studi Energi Lembaga Penelitian dan Pengabdian (LPPM) Masyarakat Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) mengatakan kepada SwaraKampus.com bahwa padukuhan tersebut memiliki potensi dalam bidang kewirausahaan. Ditambah lagi dengan hasil pertanian yang melimbah. Jika masyarakat dapat mengolahnya menjadi suatu produk yang dapat dipasarkan dapat meningkatkan penghasilan masyarakat setempat juga.

Untuk mengatasi masalah tesebut Woro Wiratsih, S. Pd, MA dosen UAJY bersama dengan beberapa mahasiswa/i. Mengadakan pengabdian masyarakat di Padukuhan Dungmas pada Desember 2018 yang lalu. Dalam pengabdian tersebut mereka melakukan program pelatihan kewirausahaan.

foto: LPPM UAJY

            Pelatihan kewiraushaan ini dilakukan untuk meningkatkan potensi masyarakat dalam pengolahan hasil pertanian mereka khususnya singkong. Pelaksanaan program kerja kewirausahaan ini dilaksanakan pada tanggal 29 desember 2018 yang lalu di Posko KKN Padukuhan Dungmas. Kegiatan ini diikuti oleh para ibu-ibu yang ada di Padukuhan itu. Acara pelaksanaannya meliputi cara pembuatan keripik singkong hingga pembuatan label dan packaging produk. Dengan begitu mereka mengharapkan masyarakat akan memiliki peluang usaha baru selain bertani.

            Program pengabdian masyarakat yang dilaksanakan oleh UAJY ini masih terus berjalan hingga saat ini. pelakasanaan program tersebut tidak hanya dilaksanakan di Padukuhan Dungmas melainkan di daerah-daerah Gunung Kidul yang lainnya. Demikian keterangan yang disampaikan Ir. V. Yenny Endang Sulistyowati, MT kepada SwaraKampus.com.

Anggun

Mahasiswi Sosiologi UAJY

.                                                                   

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here