Pelatihan Kewirausahaan Pengolahan Jagung Menjadi Pudding Jagung

0
48

Salah satu hasil bumi di Padukuhan Sabrang yang terletak di Desa Watusigar, Kecamatan Ngawen, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta adalah jagung. Masyarakat biasanya hanya menanam, memanen dan langsung menjual jagung tanpa diolah lebih lanjut. Mayoritas penduduk mengatakan bahwa mereka tidak tau bagaimana caranya untuk mengolah jagung menjadi suatu produk yang dapat dijual.

Menurut Dr. I Putu Sugiartha Sanjaya, SE., M.Si., Ak. CA. Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Atma Jaya Yogyakarta kepada SwaraKampus.com mngatakan bahwa pelatihatan kewirausahaan sangat diperlukan di padukuhan tersebut. Agar masyarakat dapat mengembangkan hasil panennya seperti jagung menjadi suatu produk yang baru. Pelatihan ini selain untuk meningkatkan kreatifitas masyarakat setempat. Pelatihan ini juga berguna untuk meingkatkan usaha masyarakat Padukuhan Sabrang, dengan begitu perekonomian masyarakat diharapkan dapat meningkat.

Untuk mengatasi masalah tersebut, G. Aryadi., S.H.,M.H. dosen Universitas Atma Jaya Yogyakarta bersama dengan 9 orang mahasiswa/i  Kuliah Kerja Nyata melakukan program pengabdian masyarakat di Padukuhan tersebut yang dilakasanakan pada Desember 2018 yang lalu.

Salah satunya program pengabdian masyarakat yang dilakukan mereka yaitu pelatihan kewirausahaan. Dengan memanfaatkan jagung hasil pertanian padukuhan tersebut yang diolah menjadi pudding jagung.

foto: LPPM UAJY

Pelatihan tersebut dilakasanakan pada 8 Januari 2019. Bersama dengan ibu-ibu PKK padukuhan setempat. Ibu-ibu mengikuti pelatihan tersebut dengan antusias karena melakukan praktek bersama-sama. Selain diajari membuat pudding jagung ibu-ibu juga diajari bagaimana pengemasan pudding jagung tersebut agar dapat dipasarkan.

Progma pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh UAJY ini tetap berjalan hingga saat ini. Demikian, keterangan yang disampaikan oleh Dr. I Putu Sugiartha Sanjaya, SE., M.Si., Ak. CA. kepada SwaraKampus.com.

Anggun

Mahasiwi Sosiologi UAJY

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here