Memanfaatkan Hasil Pertanian Jagung dan Singkong Menjadi Produk Baru

0
42

Padukuhan Munggur, terletak di Desa Watusigar, Kecamatan Ngawen, Kabupaten Gunung Kidul. Padukuhan ini memiliki potensi dibidang pertanian. Padukuhan Munggur juga memiliki kelompok tani. Kelompok tani tersebut dikenal dengan Kelompok Sukamaju yang selalu melakukan pertemuan rutin.

            Hasil pertanian di padukuhan ini seperti jagung, singkong dan lainnya. Biasanya masyarakat Padukuhan Munggur menjual hasil pertaniannya dalam bahan mentah. Sehingga nilai jual pada komoditas ini rendah.

foto: LPPM UAJY

            Menurut, Dr. I Putu Sugiartha Sanjaya, SE., M.Si., Ak. CA. Ketua Lembaga Penelitian dan Pengembangan Maysrakat (LPPM) Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) kepada SwaraKampus.com mengatakan bahwa, padukuhan tersebut memiliki potensi kewirausahaan yang tinggi dalam pengolahan hasil pertanian mereka. Sehingga diperlukan penyuluhan dan pelatihan untuk meningkatkan kreativitas masyaraka dalam pengolahan hasil pertanian mereka. Dengan begitu hasil pertanian mereka akan memiliki nilai ekonomis yang tinggi untuk dipasarkan.

foto: LPPM UAJY

            Untuk itu, Woro Wiratsih, S. Pd., MA Dosen dari UAJY bersama dengan 9 orang Mahasiawa/i yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) pada bulan Desember 2018 yang lalu. Juga melakukan pelatihan dibidang kewirausahaan. Mereka melakukan pelatihan kewirausahaan dalam pembuatan bolu kukus dari singkong dan pembuatan lampu hias dari bonggol jagung.

foto: LPPM UAJY

            Selain melakukan pelatihan dan penyuluhan kewirausahaan mereka juga melakukan peraktek bersama-sama dengan warga setempat. Mulai dari membuat bolu kukus yang berbahan dasar singkong hingga membuat lampu hias dari bonggol jagung.

            Masyarakat terlihat sangat antusias dalam mengikuti pelatihan kewirausahaan tersebut. Selain mendapatkan inovasi baru dalam pengolahan hasil pertanian, mereka juga dapat membuka usaha kecil-kecilan. Demikian yang disampaikan  oleh Dr. I Putu Sugiartha Sanjaya, SE., M.Si., Ak. CA kepada SwaraKampus.com.

Anggun

Mahasiswi Sosiologi UAJY.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here