Kreativitas Pengolahan Kayu Menjadi Lampu Hias di Padukuhan Kaliwaru Bersama Mahasiswa/i UAJY dalam Program Pengabdian Masyarakat

0
26

Desa Kampung, Kecamatan Ngawen, Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta tepatnya di Padukuhan Kaliwaru merupakan daerah penghasil kayu. Namun, warga setempat kurang kreatif dalam pengolahn kayu tersebut. Hal ini sangat disayangkan karena kayu yang dihasilkan di daerah tersebut dapat diolah menjadi produk yang memiliki nilai ekonomi yang tinggi selain hanya dijual begitu saja tanpa diolah.

Menurut Dr. I Putu S. Sanjaya, SE., M.Si., Ak.CA Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) mengatakan kepada SwaraKampus.com bahwa perlu diadakan penyuluhan untuk meningkatkan kreativitas masyarakat setempat dalam pengolahan kayu yang dihasilkan di padukuhan tersebut. Penyuluhan tersebut dapat dilakukan melalui pengabdian masyarakat

Untuk mengatasi masalah tersebut Y. Hendra Suryadharma, Ir., M. T. bersama dengan 8 mahasiswa/i yang melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN).  Melakukan pengabdian masyatakat yang dilaksanakan pada Desember 2018 yang lalu. Program pengabdian masyarakat ini dalam bentuk penyuluhan. Penyuluhan yang diambil menjadi program yaitu penyluhan tentang pengolahan kayu menjadi lampu hias. Program ini dilakukan untuk meningkatkan kewirausahaan warga setempat.

Warga sangat antusias dalam mengikuti penyuluhan program pembuatan lampu hias berbahan dasar kayu tersebut. Mereka memperhatikan arahan yang dilakukan oleh mahasiswa/i yang sedang menjelaskan pembuatan lampu hias berbahan kayu tersebut.

foto: LPPM UAJY

            Setelah dilaksanakan penyuluhan tersebut, warga mulai banyak mengerti cara pengolahan kayu menjadi produk bernilai lebih dan potensi yang ada jika difungsikan dalam kegiatan sehari-hari maupun dijadikan bisnis.

           Pengabdiaan yang dilakukan oleh UAJY hingga saat ini masih tetap dilaksanakan setiap tahunnya. Bahkan dilaksanakan setiap satu tahun dua kali yaitu melalui program KKN yang diadakan pada setiap pergantian semester. Demikian yang disampaikan oleh, Dr. I Putu S. Sanjaya, SE., M.Si., Ak.CA pada SwaraKampus.com.

            Anggun

Mahasiswi Sosiologi UAJY

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here