Peningkatan Kewirausahaan Pengolahan Selai Pisang

0
28

Program kerja kewirausahaan adalah sebuah program kerja untuk membantu ibu PKK dan remaja yang ada di Padukuhan Wonosari untuk memulai usaha berwirausaha secara mandiri dan dapat mengembangkan  usaha  mereka  dengan mempergunakan potensi yang ada di Padukuhan.

Menurut Prof. Dr. MF. Shellyana Junaedi, SE., M.Si kepada SwaraKampus.com dilihat dari potensi yang berada pada Padukuhan Wonosari, Desa Purwosari, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo Daerah Istimewa Yogyakarta, sendiri ada tumbuhan pohon pisang sehingga dilaksanakan pengabdian masyarakat oleh dosen Yohanes Priadi Wibisono, S.T.,M.M dan mahasiswa KKN 72 UAJY membuat sebuah produk yang berasal dari olahan tanaman pisang. Produk yang dibuat adalah selai dari pisang. Sasaran yang ingin dicapai adalah terdapat ibu-ibu PKK dan beberapa remaja yang tertarik dalam membuat sebuah wirausaha untuk mengembangkan perekonomian warga Padukuhan Wonosari.

Program kerja kewirausahaan yang mengajarkan cara pembuatan selai pisang dilakukan pada Kamis, 4 Januari 2018 yang diikuti okeh ibu-ibu PKK dari Padukuhan Wonosari. Tujuan dilaksanakan praktek membuat selai pisang agar nantinya dapat dijual kemasyarakat sekitar atau masyarakat diluar Padukuhan Wonosari.

Hasil yang dicapai adalah untuk menambah wawasan dan motivasi dari ibu-ibu PKK Padukuhan Wonosari ketika akan membuka wirausaha dan memanfaatkan potensi alam yang ada. Ibu-ibu yang hadir mendapat ilmu perihal pengolahan hasil perkebunan pisang menjadi produk jual, seperti selai pisang yang dapat dijual hingga saat ini didalam maupun diluar Padukuhan Wonosari. Demikian keterangan yang diberikan Prof. Dr. MF. Shellyana Junaedi, SE., M.Si kepada SwaraKampus.com.

Mega

Jurusan Sosiologi UAJY

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here